Stop Sementara KA Jarak Jauh, PT KAI Daop 3 Hanya Operasikan KA Relasi Cirebon-Jember

Stop Sementara KA Jarak Jauh, PT KAI Daop 3 Hanya Operasikan KA Relasi Cirebon-Jember

CIREBON – Kebijakan pemerintah pusat yang melarang mudik lebaran, didukung penuh oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai operator moda transportasi masal milik negara. Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon Luqman Arief menjelaskan, wujud pelaksanaan kebijakan itu adalah pembatalan perjalanan kereta penumpang jarak jauh. PT KAI memutuskan untuk membatalkan seluruh perjalanan kereta penumpang jarak jauh terhitung sejak Jumat (24/4) hingga Kamis (30/4).

“Kami mendukung penuh langkah pemerintah tersebut, sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19. Perjalanan kereta penumpang dari dan menuju Jakarta mulai 24-30 april dihentikan sementara. Untuk kebijakan refund sudah bisa diakses penumpang di KAI Access maupun di loket stasiun,” ujarnya, kepada wartawan kemarin (22/4).

Luqman menjelaskan, KAI kembali membatalkan perjalanan KA jarak jauh dari dan menuju Jakarta maupun Bandung untuk perjalanan mulai 23 dan 24 April 2020. Dengan demikian mulai 24 April 2020, KAI tidak lagi mengoperasikan kereta api jarak jauh dari Jakarta, Bandung menuju kota-kota di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan sebaliknya.

“Total sejak 23 Maret 2020, di wilayah Daop 3 Cirebon, KAI telah membatalkan sebanyak 133 perjalanan KA penumpang. Dan untuk tanggal 24 April mendatang hanya mengoperasikan KA Ranggajati dengan relasi Cirebon-Jember,” tambah Luqman. Kebijakan ini untuk mendukung arahan Presiden RI Joko Widodo pada Rapat Terbatas di Istana Presiden, Selasa (21/4), yang melarang Mudik Lebaran 2020 untuk masyarakat.

Luqman melanjutkan, penumpang yang KA-nya batal berangkat akan mendapat pengembalian dana 100%. Penumpang akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilakan untuk mengikuti petunjuk selanjutnya. Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun.

Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai.

Terkait kebijakan lainya dan kemungkinan akan dibatalkannya perjalanan kereta api hingga musim mudik lebaran, pihaknya belum bisa menginformasikan terlebih dahulu, sebab masih menunggu petunjuk dari direksi, serta Direktorat Jenderal Perkerataapian Kementerian Perhubungan.

Luqman menjelaskan, hingga pekan kemarin pihaknya mencatat ada 15 ribuan penumpang yang telah memproses refund tiket perjalanan kereta yang dioperatori oleh Daop 3 Cirebon. Meski demikian, pihaknya tetap menjalankan layanan pengangkutan barang dan logistik agar pergerakan roda perekonomian tetap berjalan.

“KAI siap mendistribusikan barang retail termasuk pangan seperti beras, buah-buahan, sayur-sayuran, dan lainnya dengan aman, tepat waktu, dan efisien,” ungkap Luqman

Dia menjelaskan, Rail Express merupakan layanan angkutan barang station to station dengan harga terjangkau yang tersedia di 60 stasiun di Pulau Jawa. “Pelanggan cukup menyerahkan barang ke loket Rail Express di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express stasiun tujuan,” jelasnya.

Sesuai Permenkes No 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, disampaikan perusahaan transportasi logistik untuk bahan pangan masih dapat beroperasi tanpa pembatasan.

Luqman menambahkan, sebelumnya Rail Express telah melayani angkutan bahan pangan seperti telur dari Blitar ke Jakarta, bawang merah dari Nganjuk ke Jakarta, salak dari Purwosari ke Jakarta, sayur dan buah dari Malang dan Kebumen ke Jakarta dan Bandung, serta angkutan bahan pangan lainnya ke berbagai tujuan.

“Semoga layanan ini dapat membantu masyarakat yang ingin mendistribusikan barangnya pada masa Pandemi Covid-19,” ujarnya. Pelayanan Rail Express untuk di wilayah Daop 3 Cirebon sendiri dapat dilayani di 3 stasiun yang meliputi Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang.

“Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa pengiriman Rail Express dapat menyerahkan barang yang ingin dikirim melalui Loket Rail Express yang tersedia di 3 stasiun tersebut. Dengan Rail Express dijamin murah, pengiriman cepat, dan pasti aman,” jelas Luqman. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: