Jadwal Bansos Provinsi Belum Jelas

Jadwal Bansos Provinsi Belum Jelas

CIREBON– Dinsos Kabupaten Cirebon saat ini masih melakukan penelusuran dan validasi data untuk calon penerima bantuan sosial dari sumber Pemkab Cirebon. Sesuai dengan arahan Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg, pelaksanaan validasi tersebut akan dimaksimalkan dan diselesaikan dalam tiga hari.

Kadinsos Kabupaten Cirebon, Drs Dadang Suhendra SSos kepada Radar Cirebon menuturkan, saat ini hingga beberapa hari ke depan, tim dari Dinsos turun langsung melakukan verifikasi dan validasi ke kecamatan dan desa-desa dibantu TKSK dan pihak-pihak lainnya, agar target tiga hari untuk menuntaskan data tersebut selesai.

“Kita masih ada 12 ribuan lebih data yang harus diverifikasi. Waktunya tiga hari harus selesai. Tim kita saat ini sedang turun ke lapangan. Mudah-mudahan lancar dan tidak ada kendala,” ujar Dadang, kemarin.

Menurut Dadang, sampai saat ini, pihaknya masih belum menerima informasi kapan waktu pelaksanaan bantuan sosial dari provinsi akan turun ke Kabupaten Cirebon. Bahkan, dia sudah bertanya langsung ke pihak PT Pos, namun rupanya belum ada jadwal distribusi untuk Kabupaten Cirebon.

“Kalau kita sih inginnya berbarengan. Semua bantuan serentak didistribusikan. Kita belum tahu jadwal pendistribusian dari provinsi kapan, karena saya tanya pihak Pos pun belum ada kepastian waktunya. Sehingga, ada kemungkinan distribusi di Kabupaten Cirebon baru bisa dilakukan pada awal Mei 2020,” imbuhnya.

Ditambahkan Dadang, untuk besaran bansos dari pemerintah pusat yakni Rp600 ribu yang akan diterima selama tiga bulan. Dari pemerintah provinsi akan diberikan Rp500 ribu selama empat bulan dengan komposisi Rp150 ribu uang tunai dan Rp350 ribu bahan pangan.

“Sekarang lagi dihitung ulang. Bansos dari Kabupaten Cirebon harapan kita bisa sama dengan provinsi. Untuk bansos dari dana desa, nanti bisa ditanyakan ke DPMD atau ke kuwunya langsung,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Cirebon memberikan deadline tiga hari untuk Kadinsos Kabupaten Cirebon untuk merampungkan seluruh data calon penerima bantuan. Baik dari pemerintah pusat, provinsi ataupun Pemkab Cirebon serta Pemdes.

Hal tersebut disampaikan Imron saat ditemui Radar Cirebon di kantornya, Senin (27/4) sore. Menurut Imron, dia sudah memanggil Kadinsos dan memerintahkan agar persoalan pendataan dan validasi data diselesaikan dalam waktu secepatnya.

“Tadi saya sudah ketemu Kadinsos. Dari Kadinsos minta waktu 3 hari. Akhirnya, saya minta untuk urusan ini (pendataan, red) selesai dalam waktu tiga hari. Tidak boleh lebih. Ini karena kita juga harus segera melakukan pendistribusian bansos untuk masyarakat,” ujar Imron.

Dalam pertemuannya dengan Kadinsos, Imron mengaku meminta agar pendataan dilakukan dengan maksimal dan tidak boleh ada warga miskin yang terlewat dan tidak mendapatkan bantuan sosial.

“Kalau kita sih inginnya segera melakukan pendistribusian bantuan. Tapi kan datanya harus valid dulu. Makanya, 3 hari saya rasa cukup untuk melakukan validasi,” imbuh Imron. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: