KPU Bakal Punya Gedung Baru, Lokasi di Kelurahan Kenanga dan Pembangunan Tahun Depan

KPU Bakal Punya Gedung Baru, Lokasi di Kelurahan Kenanga dan Pembangunan Tahun Depan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon tahun depan bakal punya gedung baru. Hal tersebut dipastikan, setelah Komisioner KPU bertemu langsung Bupati Cirebon membicarakan pembangunan gedung baru yang rencananya sudah bisa digunakan pada 2022 nanti.

ANDRI WIGUNA, Sumber

KETUA Komisioner KPU Cirebon, Dr H Sopidi MA kepada Radar Cirebon menuturkan, setelah bertemu langsung dengan Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg dan beberapa perwakilan kepala dinas terkait, akhirnya disepakati jika nantinya KPU akan menempati gedung yang rencananya akan mulai dibangun tahun depan.

“Dalam pertemuan dalam rapat koordinasi, ada 7 kepala dinas dan kepala badan hadir. Alhamdulilah ada satu poin yang tadi disepakati soal peruntukan tanah untuk kantor KPU disepakati di Kelurahan Kenanga,” ujarnya.

Menurut Sopidi, kantor KPU sekarang yang berada persis di depan Mako Polresta Cirebon, dinilai kurang representatif. Oleh karena itu, kebutuhan gedung baru untuk KPU sangat mendesak.

“Tadi sudah disepakati kalau KPU memang butuh gedung baru, tapi ini bukan hibah. Hanya hak guna, nanti asetnya tetap milik Pemda. Yang kita ajukan awalnya seluas 4.000 meter persegi, tapi oleh dinas teknis masih disebut kurang karena belum mencakup gudang. Akhirnya, dinaikan menjadi 6.000 sampai 7.000 meter persegi,” imbuhnya.

Upaya ke arah sana, menurut Sopidi, akan dimulai dari tahun ini. Progresnya akan dimulai setelah ada SK Bupati untuk lokasi pasti yang akan dijadikan kantor KPU.

“Ini dalam waktu dekat kalau sudah fix lokasinya langsung di SK-kan oleh Bupati dan dibuatkan detail engineering design (DED). Sehingga, kalau anggarannya mencukupi, pelaksanaan pembangunan fisik akan mulai dilakukan pada tahun 2021. Kenapa harus segera dilakukan karena pada tahun 2022 kita sudah memasuki tahapan untuk Pemilu 2024,” jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: