Dua Titik TPS Liar di Pinggir Sungai Kalisoka Dibersihkan

Dua Titik TPS Liar di Pinggir Sungai Kalisoka Dibersihkan

Sampah yang menumpuk di bantaran Sungai Kalisoka berlokasi di Desa Karangmulya, Kecamatan Plumbon dibersihkan.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon menggelar operasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar. Yang menjadi sasaran Tim Saber TPS liar, adalah sampah liar di Bibir Sungai Kalisoka yang berlokasi di Desa Karangmulya, Kecamatan Plumbon.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon menggandeng Forkopincam, berbagai Komunitas Lingkungan Hidup, dan masyarakat setempat untuk bersama-sama membersihkan sampah yang berserakan di TPS liar bantaran Sungai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan Hardiawan S.Sos M.Si melalui Kabid  Kebersihan dan Pertamanan, Agus Muklis mengatakan, pihaknya sangat mensupport dan mengapresiasi teman-teman yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya, masalah sampah tidak bisa diselesaikan oleh satu pihak saja. Tetapi harus semua unsur terlibat. Karena itu, dengan dilibatkannya para komunitas Lingkungan Hidup, Pemerintah Desa, Kecamatan, Polsek, dan Yon Arhanudse merupakan suatu kesatuan.

BACA JUGA:Pembunuhan di Kuningan, Detik-detik AN Menghantamkan Batu ke Kepala Korban

"Pelibatan komunitas, pemerintah Desa, Kecamatan, dan Teman Komunitas merupakan satu kesatuan yang kedepannya harus kita tingkatkan lagi, bagaimana peran serta bersama dalam mengatasi masalah sampah," terangnya.

Katanya, semangat gotong-royong di Kabupaten Cirebon masi tinggi. Melihat itu, Ia pun berharap untuk kedepannya bisa bersama-sama menumbuhkembangkan berbagai event dan acara untuk pengolahan sampah di tempat lain, seperti Saber TPS liar.

Ia sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon akan mensupport dengan menyediakan kontener untuk tempat pengumpulan sampah, agar tidak ada lagi TPS liar. Nantinya, sampah yang ada di dalam kontener itu, akan diangkut oleh pihaknya secara rutin.

"Insyaallah sesuai dengan tupoksi kita adakan support dengan penyediaan kontainer sampah. Sampah di dalam kontener ini nanti kita bisa angkut secara rutin," terangnya.

BACA JUGA:ASN Pemkab Cirebon Terlibat Korupsi, Berikut Ini Respons Pj Bupati

Tidak hanya itu, perwakilan dari yang hadir dalam kegiatan tersebut juga diminta untuk menandatangani komitmen bersama agar tidak membuang sampah sembarangan lagi.

Ia juga meminta pihak Pemerintah Desa untuk memonitor tempat yang menjadi TPS liar, agar masyarakat lebih tertib dalam membuang sampah.   Ia berharap mulai hari ini kesadaran masyarakat terbangun, untuk lebih memahami cara memperlakukan sampah. (cep/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: