Sejarah Kolam Renang Cibulan Kuningan, Diresmikan Tahun 1939, Salah Satu Wisata Tertua

Minggu 04-09-2022,12:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Radarcirebon.com, KUNINGAN - Sejarah Kolam Renang Cibulan Kabupaten Kuningan yang ternyata sudah ada sejak Indonesia belum merdeka dan sejak itu sudah dihuni oleh ikan dewa atau kancra bodas.

Kolam Renang Cibulan Kuningan menurut sejarah Desa Manis Kidul, sudah ada sejak tahun 1939 dan diresmikan oleh bupati yang ketika itu memimpin kota kuda.

Selain sejarah tertulis terkait dengan Kolam Renang Cibulan Kuningan, wisata air satu ini juga sejak lama sudah diselimuti berbagai mitos.

Diantara mitos tersebut adalah terkait beragam kemalangan bagi siapa saja yang mengganggu ikan dewa. Bahkan, banyak cerita beredar ada orang meninggal setelah mengonsumsi ikan dewa.

BACA JUGA:Harga BBM Naik, Menteri Keuangan Sri Mulyani Bilang Begini

BACA JUGA:Polda Jabar Pecat Dua Anggotanya Karena Terbukti Terlibat Kasus Narkotika

Mitos lain adalah adanya ikan dewa yang menurut warga setempat disebut buntung alias, hanya memiliki separuh badan dengan sisanya menyisakan bagian duri.

2

Tetapi, ikan buntung ini, konon katanya tidak sembarangan terlihat oleh kasat mata. Tetapi hanya pada orang-orang tertentu saja. 

Terlepas dari benar tidaknya mitos-mitos itu, kearifan lokal masyarakat besar kemungkinan berkaitan dengan bagaimana menjaga kelestarian dan populasi ikan dewa agar tetap terjaga.

Melansir situs resmi Desa Manis Kidul, Kolam Renang Cibulan adalah nama sebuah obyek wisata tertua yang ada di Kuningan, Jawa Barat.

BACA JUGA:PT KAI Daop 3 Cirebon Terus Ingatkan Soal Ini Kepada Masyarakat Saat Melintasi Rel Kereta Api

BACA JUGA:Antisipasi Gangguan Kamtibmas Pasca Kenaikan Harga BBM, Polresta Cirebon Siagakan Personel di SPBU

Saat ini menjadi salah satu tempat liburan favorit yang diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, yaitu R AA Mohamand Achmad.

Awalnya, objek wisata ini terdapat dua kolam besar yang berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35x15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Sedangkan, kolam kedua berukuran 45x15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berkedalaman 60 sentimeter dan bagian kedua berkedalaman 120 sentimeter.

Kategori :