Disnaker Gelar Job Fair di Gegesik Gandeng Perusahaan, Buka 1.139 Lowongan Pekerjaan

Jumat 19-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Cecep Nacepi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Cirebon kembali menggelar job fair 2024. Kali ini, job fair tersebut digelar di SMK Assalam, Kecamatan Gegesik dengan membuka sebanyak 1.139 lowongan pekerjaan untuk masyarakat Kabupaten Cirebon.

Seketaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Dr H Hilmy Riva’I MPd menyambut baik adanya job fair. Menurutnya, job fair merupakan salah satu upaya strategis dalam membantu pencari kerja yang membutuhkan lowongan pekerjaan.

Program tersebut juga dilaksanakan sebagai upaya menekan angka pengangguran yang ada di Kabupaten Cirebon.
“Dengan adanya job fair di SMK Assalam, ini sebagai pembuka kemudahan masyarakat yang sedang mencari pekerjaan. Diharapkan agar masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” terangnya.

Melihat job fair yang dapat membantu pencari kerja, Hilmy meminta kepada Disnaker untuk menggelar job fair, agar lebih sering lagi. Bahkan tidak hanya 3 kali saja dalam setahun, tapi harapannya digelar se-sering mungkin.

“Kalau anggaran Pemda tidak cukup, maka harus bekerjasama dengan perusahaan lainnya sesuai dengan kebutuhan.  Karena proses pencari kerja dan penyedia kerja itu saling membutuhkan,” terangnya.

BACA JUGA:Esuk-Esuk Wis Tawuran, Terjadi di Wilayah Plumbon-Plered

Disinggung soal angka pengangguran di Kabupaten Cirebon, Hilmy menyatakan, pengangguran di Kabupaten Cirebon menurun sebanyak 4,8 persen dibanding dengan tahun sebelumnya. “Penurunan ini, berkat kinerja baik dari Kadisnaker ya,” tutupnya.

2

Di tempat yang sama, Kepala Disnaker Kabupaten Cirebon Novi Herdrianto SSTP MSi mengatakan, dari data yang dihimpun oleh Disnaker Kabupaten Cirebon, pada tahun 2023 hingga saat ini, ada sekitar 47 ribu orang pencari kerja. Namun penempatan kerja di tahun yang sama ada sekitar 21 ribu orang.

“Artinya, kita masih ada sekitar 26 ribu orang lagi yang belum termasuk mendapat kerja. Termasuk yang kelulusan baru,” terangnya.

Dijelaskan Novi, job fair yang dilaksanakan di SMK Assalam ini, merupakan kegiatan job fair 2024 yang kedua. Karena yang pertama di wilayah Timur, yakni Lemahabang. Dalam kegiatan tersebut, pihaknya bersinergi dengan sekitar 30 Bursa Kerja Khusus (BKK).

BACA JUGA:Promo Swim and Dine Aston Cirebon, Renang dan Ada Hidangan Lezat dengan Harga Terjangkau

“Job fair ini, kita laksanakan selama satu hari di tanggal 18 Juni di halaman depan SMK Assalam, dengan peserta 13 perusahan, dan membuka 1139 lowongan pekerjaan,” terangnya.

Pria berkacamata ini berharap, adanya job fair  dapat menyerap lowongan pekerjaan, terutama untuk siswa SMK Assalam dan juga masyarakat di Wilayah Kecamatan Gegesik dan sekitarnya. (cep/opl)

Kategori :