Memperkuat Kebersamaan dalam Keberagaman

Memperkuat Kebersamaan dalam Keberagaman

Saatnya kita menjadikan perbedaan menjadi kolaborasi yang indah dalam mewujudkan kehidupan yang tenteram,rukun dan damai. Jangan jadikan perbedaan menjadi pemicu gesekan konflik yang berakibat  pada munculnya tindakan radikalisme, terorisme dan sejenisnya yang bisa merusak harmoni kerukunan yang sudah tercipta di bumi pertiwi yang kita cintai.

Jika kita sebagai seorang muslim memahami hal ini maka tentunya akan melahirkan karakter muslim toleran dalam konteks kehidupan beragama. Kita menjadi pribadi yang saling menghormati dan memahami serta mengerti betapa indahnya saling menghormati dan menghargai.

Menjadi pribadi yang membuktikan bahwa Islam adalah agama yang penuh perdamaian, kemaslahatan dan keselamatan. Islam  menolak semua bentuk tindakan pengerusakan, kekerasan, kebencian, dan perpecahan. Islam selalu berorientasi pada komitmen kebangsaan yaitu menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Dalam kehidupan beragama, toleransi dan lapang dada adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan. Sikap ini diperlukan dalam menghadapi keragaman dan perbedaan pendapat yang akan selalu muncul. Dengan toleransi dan lapang dada kita dapat menghindari ketersinggungan dan pemaksaan antar sesama anak bangsa. Membiarkan orang lain berbeda merupakan nilai yang terkandung dalam ajaran Islam.

Bangsa kita Indonesia tidak tumbuh dan berkembang karena satu agama, satu suku, ras dan bahasa tetapi sebaliknya bangsa kita tumbuh dan berkembang di atas  keragaman budaya, suku, ras dan bahasa. Saatnya bersama kita serukan semangat menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa kita Indonesia.

Saatnya menggelorakan semangat mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemaknaan nilai dan ajaran agama yanga benar akan menciptakan keutuhan bangsa.

Bagi bangsa Indonesia perbedaan dan keberagaman adalah rahmat dan kado indah yang diberikan Allah Swt. Kita Harus menerima, menjaga dan merawatnya. Kita bisa hidup dalam perbedaan dan mampu mewujudkan janji bahwa perbedaan itulah yang membawa perubahan dan kemajuan.

Perbedaan adalah sebuah rahmat, alasan untuk kita bisa saling bertemu, memperkaya, dan merayakan solidaritas. Indonesia adalah negara yang sangat beragam suku, bahasa, dan agama namun justru itulah yang membuat Indonesia menjadi Indonesia, dan Pancasila menjadi Pancasila. Sejarah membuktikan bahwa perbedaan menjadi kekuatan untuk menjadi bangsa, bukan memecah belah.

Maka mulai saat ini, mari kita menjadi warganegara yang mengedepankan toleransi dan menghargai perbedaan, agar tumbuh rasa kebersamaan diantara kita sebagai warga Negara Indoenesia. Mari kita mulai, untuk selalu bertekad ingin mewujudkan suasana yang penuh kedamaian dengan mulai saling bertoleransi, saling mendengar dan memahami serta mengurangi perdebatan yang tidak perlu. Utamakanlah mawas diri, utamakanlah instrospeksi, utamakanlah toleransi jangan arogansi. Amazing, saatnya kita semua bertekad bersama bergandengan tangan untuk mewujudkannya.

Marilah kita bersama dengan penuh kerendahan hati bersujud memanjatkan doa permohonan kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT berkenan melimpahkan anugerah kekuatan lahir-batin dan menjadikan kita insan yang memiliki kemampuan untuk selalu untuk bisa menjadi pribadi muslim yang mengedepankan toleransi, dengan merangkul semua komponen masyarakat. Menjadikan diri kita sebagai pribadi yang ikhlas menerima perbedaan sebaga khasanah menuju kemajuan bangsa, serta keutuhan bangsa dan negara kita tercinta, Indonesia. (opl/*)

Oleh: H Asep Syaefurrachman SAg MPdI

Penulis adalah GPAI SMPN 1 Kota Cirebon, Guru Pelopor Moderasi Beragama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: