Hujan Es di Jalaksana Kuningan, Disertai Angin Kencang, BPBD Beri Penjelasan Begini

Hujan Es di Jalaksana Kuningan, Disertai Angin Kencang, BPBD Beri Penjelasan Begini

Hujan es di Kecamatan Jalaksana, Karamatmulya, Kabupaten Kuningan. -Ist-Radarcirebon.com

Radarcirebon.com, KUNINGAN - Hujan es terjadi di wilayah Kabupaten Kuningan utara mulai dari Kecamata Jalaksana, Karamatmulya dan sekitarnya, Minggu, 14, Agustus 2022.

Menurut warga, hujan es terjadi siang tadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuningan. Disertai angin kencang dan suara seperti batu yang berjatuhan di atap rumah.

Informasi yang dihimpun radarcirebon.com, hujan es di wilayah Kuningan utara terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Mulanya warga tidak menyadari ada es berjatuhan dari langit.

Setelah mereka melihat pecahan dan butiran es di pekaran rumah, mereka baru menyadari terjadi hujan es. Dilaporkan suhu udara juga cukup dingin.

BACA JUGA:Heboh! Fenomena Hujan Es di Kabupaten Kuningan, Terjadi di Wilayah Utara

BACA JUGA:Miris, Gadis 16 Tahun di Tangerang Dirudapaksa, Disekap Lalu Dicekoki Minuman Keras

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana mengatakan, fenomena hujan es/hasil merupakan fenomena cuaca alamiah yg biasa terjadi.

Kejadian hujan lebat dan es disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat lebih banyak terjadi pada masa transisi pancaroba musim baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya.

"Dari pantauan BPBD, kami mendapat laporan hujan disertai es terjadi di beberapar desa di Kecamatan Kramatmulya dan Jalaksana, kami juga sudah berkoordinasi dengan BMKG," katanya.

Hujan es, disebut juga hail, adalah presipitasi yang terdiri dari bola-bola es. Yang kemudian jatuh ke daratan. 

BACA JUGA:Lukaku di Inter Milan Langsung Gacor, Simak Nih Puja-puji dari Inzaghi

BACA JUGA:Kekayaan Irjen Ferdy Sambo, Ternyata Sebegini, Wow Banget

Salah satu proses pembentukannya adalah melalui kondensasi uap air lewat pendinginan di atmosfer pada lapisan di atas level beku. Es yang terjadi dengan proses ini biasanya berukuran besar.

Artikel ini telah terbit di radarkuningan.com dengan judul: Heboh, Wilayah Kuningan Utara Dilanda Hujan Es

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: