Lokasi Tenggelam KRI Gajah Mada di Teluk Cirebon, Tidak Jauh dari Bibir Pantai

Lokasi Tenggelam KRI Gajah Mada di Teluk Cirebon, Tidak Jauh dari Bibir Pantai

Lokasi tenggelam KRI Gajah Mada di Laut Cirebon.-Ist/tangkapan layar-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Lokasi tenggelam KRI Gajah Mada di Teluk Laut Cirebon, tidak jauh dari bibir pantai atau hanya sekitar 4 mil.

Titik koordinat lokasi tenggelam KRI Gajah mada berada di 06’40’066′ LS – 108′ 35′ 847’E Bujur Timur. Keberadannya diketahui beberapa tahun lalu dari hasil penyelaman.

Dari beberapa penyelaman yang sudah dilakukan di lokasi tenggelam KRI Gajah Mada, kapal perang tersebut memang sudah terlihat lagi bentuk fisiknya. Hanya beberapa saja yang masih utuh.

Misalnya bagian haluan dan buritan, yang masih nampak bentuknya. Sedangkan untuk bagian anjungan sudah tidak terlihat di lokasi.

BACA JUGA:Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J, Inilah Peran Putri Candrawathi

Penemuan lokasi tenggelam KRI Gajah Mada tentu saja menjadi temuan penting bagi sejarah Republik Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.

Kini titik lokasi tersebut kerap menjadi pelaksanaan upacara maupun pengibaran bendera di bawah air, termasuk yang dilakukan pada peringatan HUT RI ke-77.

KRI Gajah Mada 408 yang kini tenggelam di dasar laut Cirebon, menjadi saksi pertempuran heroik Kapten Samadikun.

Peristiwa tersebut terjadi pada 5, Januari 1947 dan sebuah pertempuran tidak seimbang yang membuat KRI Gajah Mada 408 tenggelam dan Kapten Samadikun tewas.

BACA JUGA:Sudah Masuk Indonesia, Inilah Cara Penularan Cacar Monyet

Pertempuran KRI Gajah Mada 408 hingga tenggelam bersama Kapten Samadiukun adalah upaya mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dari Agresi Militer Belanda.

Perang heroik di Laut Cirebon tersebut terjadi setelah Indonesia memproklamirkan Kemerdekaan pada 17, Agustus 1945.

Dikutip dari Buletin Kesejarahan TNI AL, KRI Gajah Mada yang tenggelam di Laut Cirebon dilengkapi dengan senjata berupa senapan mesin dan meriam.

Tentu saja, tidak seimbang bila berhadapan dengan kapal-kapal perang Belanda yang sudah dibekali dengan torpedo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: