Forum LPM dan Paguyuban RW Datangi Kantor DPRD Kota Cirebon, Mereka Ingin Bawal Dianggarkan Kembali

Forum LPM dan Paguyuban RW Datangi Kantor DPRD Kota Cirebon, Mereka Ingin Bawal Dianggarkan Kembali

Forum LPM dan Paguyuban RW se-Kota Cirebon menggelar pertemuan dengan Komisi I DPRD Kota Cirebon.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

Radarcirebon.com, CIREBON - Forum LPM dan Paguyuban RW se-Kota Cirebon menggelar pertemuan dengan Komisi I DPRD Kota Cirebon.

Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Griya Sawala Gedung DPRD Kota Cirebon, membahas keinginan Forum LPM dan Paguyuban RW se-Kota Cirebon untuk diadakannya kembali dana bantuan walikota (bawal) yang terhenti sejak 2018 lalu.

Ketua Komisi I DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani SH MH mengatakan, Forum LPM dan Paguyuban RW menginginkan agar dana bawal kembali diaktifkan untuk kebutuhan masyarakat di level RW. Anggaran tersebut sempat bermasalah, sebab pada saat itu terjadi banyak temuan.

BACA JUGA:Selamat! Telah Lahir Dua Ekor Sapi Belgian Blue di Argasunya, Hasil dari Proses Kawin Suntik

“Mereka (forum RW, red) menginginkan agar bawal itu diaktifkan lagi. Terakhir bawal itu pada tahun 2018, karena saat itu memang banyak temuan.”

“Komisi I juga meminta agar pagu anggaran kecamatan yang bersumber dari pagu musrenbang dan terkena efisiensi, kiranya dikembalikan ke angka semula,” katanya.

Merespons agar dana bawal kembali diaktifkan, Dani menyebutkan, Komisi I akan membicarakan hal tersebut.

"Dana bawal ini perlu dikaji, apakah bantuan ini perlu dibuatkan perda sebagai dasar hukum atau tidak," sebutnya.

BACA JUGA:Komisi III DPRD Kota Cirebon: RSD Gunung Jati Harus Bisa Beri Pelayanan dengan Sepenuh Hati

Dani juga mengingatkan kepada eksekutif untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pengurus RW dalam hal penyusunan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana bawal, jika bantuan tersebut kembali diaktifkan.

“Kami akan membicarakan di internal Komisi I terkait usulan dibuatnya peraturan daerah yang mengatur tentang dana bawal. Termasuk juga usulan berupa penolakan efisiensi anggaran.”

“Mereka keberatan, saat pandemi Covid-19 mereka masih bijak menanggapinya, tahun ini Covid-19 sudah landai semestinya tidak ada efisiensi,” ujarnya.

BACA JUGA:Terjerat Kasus Penistaan Agama, Masa Penahanan Roy Suryo Diperpanjang Secara Otomatis

Anggota Komisi I lainnya, R Endah Arisyanasakanti menyetujui dana bawal tidak dihapus, hanya saja perlu ada regulasi yang mengikat.

Sehingga laporan penggunaan bantuan dari pemerintah daerah tersebut bisa dipertanggungjawabkan dan dilaksanakan dengan baik.

“Sebenarnya kami setuju tidak dihapus. Hanya kami akan minta regulasinya dari eksekutif supaya bisa dijadikan payung hukum.”

“Kelemahan dana bawal ini adalah pertanggungjawabannya, karena tidak ada ketentuan baku dalam penyusunan laporan,”ucapnya.

BACA JUGA:Ketat! Begini Pengamanan Berlapis di Lapas Narkotika Kelas IIA Cirebon

Endah juga setuju jika pengurus RW perlu diberikan bantuan. Mengingat posisi mereka bersentuhan dengan masyarakat langsung.

Dana bawal tersebut bisa digunakan untuk pemberdayaan SDM, pelatihan UMKM, koperasi dan sebagainya. Termasuk kegiatan fisik seperti kegiatan perbaikan Baperkam.

“Kami Komisi I sedang berusaha agar dana bawal ini ada payung hukum yang jelas. Termasuk evaluasi anggaran, terus ada pedoman penyusunan laporan dan sebagainya,” tandasnya.

BACA JUGA:Bang Napi Inisial MIR Kendalikan Peredaran Narkoba dari Lapas Narkotika Cirebon, Kalapas: Memang Susah Diatur

Sementara itu, Ketua Forum LPM Kota Cirebon, Ari Setiawan menyampaikan aspirasi terkait efisiensi dan evaluasi anggaran di tahun 2022 serta tahun 2023.

Dia berharap, aspirasi perihal penolakan efisiensi anggaran karena Covid-19 ini segera direspons.

“Aspirasi dari kami ini akan ditindaklanjuti Komisi I kemudian disampaikan ke Pemkot Cirebon. Kami menolak jika efisiensi dilakukan.”

“Jika pandemi Covid-19, kami patuh atas konteks kemanusiaan. Sekarang sudah tidak pandemi,” katanya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase