Atasi Nyeri Otot dengan Fisioterapi

Atasi Nyeri Otot dengan Fisioterapi

Salah satu pasien yang sedang melakukan fisioteraspi IRR di Klinik Kita. -APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

Radarcirebon.com, CIREBON - Tulang, sendi, dan juga otot merupakan bagian yang penting agar tubuh bisa bergerak. Saat salah satunya terasa nyeri, tentu aktivitas jadi tidak terasa nyaman. Untuk mengembalikan fungsi tubuh tersebut, perlu adanya perawatan fisioterapi. 

Penanggung Jawab Fisioterapi Klinik Kita, Gita Anggasari meuturkan fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditunjukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi, dan komunikasi.

Terdapat beberapa jenis fisioterapi, mulai dari Fisioterapi anak, Fisioterapi muskuloskeletal, Fisioterapi Neuromuskular, Fisioterapi Kardiovaskular, dan Fisioterapi Olahraga. "Sebelum melakukan fisioterapi, pasien akan melakukan skrining dan tensi terlebih dahulu," terangnya.

Salah satu jenis terapi yang tersedia di Klinik Kita yakni Infrared Radiation (IRR). IRR adalah jenis terapi menggunakan gelombang elektromagnetis dengan panjang karakteristik gelombangnya 770nm – 106nm.Terapi infrared akan memberikan efek panas superfisial pada area kulit yang diterapi sehingga menimbulkan efek – efek fisiologis yang diperlukan untuk proses penyembuhan.

BACA JUGA:Volt Anonym Tuduh Bjorka dari Cirebon, Rumah Warga di Kedawung Ikut Dibawa-bawa

Efek – efek tersebut berupa mengaktifasi reseptor panas superfisial di kulit yang akan merubah transmisi atau konduksi saraf sensoris dalam menghantarkan nyeri sehingga nyeri yang dirasakan berkurang. Terapi Infrared juga menyebabkan vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah pada area tersebut, sehingga mendapat oksigen yang cukup pada area yang diterapi.

Terapi ini juga dapat meningkatkan aktivitas enzim – enim tertentu untuk metabolisme jaringan dan membuang sisa – sisa metabolisme yang tidak terpakai sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan.

"Terapi infrared juga memberikan rasa nyaman dan rileks sehingga dapat mengurangi nyeri karena ketegangan otot – otot superfisial, meningkatkan daya regang jaringan lunak sekitar sendi sehingga dapat meningkatkan luas pergerakan sendi," ungkapnya.

BACA JUGA:Nathasha Hillary Grace Susanto, Remaja Kota Cirebon Raih MPV Sragen Cup 2022

Beberapa permasalahan nyeri terkadang masih dihiraukan. Padahal beberapa kondisi nyeri tersebut perlu penanganan khusus. Seperti misalnya saat Nyeri otot, sendi dan jaringan lunak sekitar sendi. Biasanya akan terasa nyeri pada punggung bawah, nyeri leher, nyeri punggung atas, nyeri sendi tangan, sendi lutut, dan sebagainya. Kekakuan sendi atau keterbatasan gerak sendi juga bisa terjadi karena berbagai sebab.

Ketegangan otot atau spasme otot juga menjadi kondisi yang diharuskan melakukan fisioteraspi menggunakan IRR. "IRR juga bisa membantu peradangan kronik yang disertai dengan pembengkakan serta penyembuhan luka di kulit," tukasnya.

BACA JUGA:Terbaru, Jadwal Penerbangan Bandara Kertajati November-Desember 2022, Menhub: Kalimantan dan Bali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: