Yamaha 2022-09

Tunjukan Simbol Sinergitas Aparat Penegak Hukum, Polres Majalengka Gelar Pemusnahan BB Narkotika

Tunjukan Simbol Sinergitas Aparat Penegak Hukum, Polres Majalengka Gelar Pemusnahan BB Narkotika

Transparansi Penyidikan,Polres Majalengka Polda Jabar menggelar Pemusnahan Barang Bukti (BB) Narkotika Jenis Sabu dan Daun Ganja Kering di Halaman Gedung Polres Majalengka, Senin (19/9/2022).-dedi haryadi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, MAJALENGKA - Dalam rangka memberikan Transparansi Penyidikan,Polres Majalengka Polda Jabar menggelar Pemusnahan Barang Bukti (BB) Narkotika Jenis Sabu dan Daun Ganja Kering di Halaman Gedung Polres Majalengka, Senin (19/9/2022).

Kegiatan Pemusnahan Barang Bukti ini berdasarkan Surat Penetapan Barang Bukti dari Kejaksaan Negeri Majalengka, Barang Bukti tersebut ditetapkan untuk dimusnahkan segera dan sebagian Kecil disisihkan untuk Pembuktian.

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi, Kepala Kejaksaan Negeri Majalengka Eman Sulaeman, Hakim Pengadilan Negeri Majalengka Wilga Ammerilia,Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Majalengka Agus Kurniawan,Kasat Narkoba Polres Majalengka AKP Tatang Sunarya bersama jajaran Sat Res Narkoba Polres Majalengka.

Sementara itu, Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi mengatakan, hari ini Kita menunjukan Simbol Sinergitas aparat Penegak Hukum bersama Pak Kajari dan Pengadilan Negeri Majalengka yang dihadiri ibu Hakim dan Kegiatan ini untuk memberikan transparansi Penyidikan terhadap penanganan Barang Bukti yang ada baik BB Sabu dan Ganja dari Pengungkapan Dua Kasus dengan Tiga orang tersangka.

BACA JUGA:Identitas Korban Meninggal Dunia Kecelakaan di Tol Cipali Hari Ini, Ada di RSUD Arjawinangun

“Mudah-mudahan dengan kegiatan Kegiatan seperti ini mengurungkan niat para pelaku Tindak Pidana Narkotika untuk melakukan perbuatannya di wilayah hukum Polres Majalengka,dan Kita akan tetap akan melakukan Pencarian dan Penegakan hukum terhadap penyalahgunaan Narkotika”ungkapnya.

“Dengan adanya peningkatan ungkapan Kasus Penyalahgunaan Narkotika Kita lebih waspada oleh karena itu kita mengajak Kejari dan Pengadilan Negeri Majalengka untuk lebih bersinergi dalam penanganan Kasus Kasus Narkotika”tuturnya.

Pemusnahan Jenis Sabu dilaksanakan dengancara memasukan Sabu kedalam tabung kimia yang berisi air dan cairan Kimia jenis H2S04 (Asam Sulfat) dan untuk Narkotika jenis daun ganja kering dilaksanakan dengancara memasukan daun ganja kering kedalam Blender yang berisi air.

Sebelum dilaksanakan pemusnahan terhadap Barang Bukti sabu dil;akukan pengecekan dengan menggunakan testkit atau screening dengan asuransi kebenaran 99%.Dengan memasukan sabu ke alat terserbut dan warnanya berubah menjadi ungu,maka dinyatakan bahwa zat atau sabu tersebut mengandung Metamfetamin,”terang AKBP Edwin Affandi.

BACA JUGA:DPC PDIP Kota Cirebon Helat Lomba Masak dan Inovasi Menu Berbahan Pangan Lokal

Dalam kesempatan yang sama Kejari Majalengka Eman Sulaeman mengatakan, di Polres Majalengka telah dilaksanakannya pemusnahan barang bukti dari perkara atau kasus Tindak Pidana Narkoba yaitu 53 gram sabu sabu dan berupa Daun Ganja Kering sebanyak 53 gram.

“Ini dilakukan merupakan bentuk Sinergitas dalam pelaksanaan Penegakan hukum, saya selaku Kejari Majalengka yang membuat surat ketetapan status Barang Bukti,Kapolres Majalengka selaku Penyidik dan hakim Pengadilan Negeri Majalengka, Dengan adanya pemusnahan barang bukti ini diharapkan menjadi bentuk kerjasama antara APH baik Penyidik Kepolisian,Penuntut Umum dan juga Pengadilan yaitu Hakim”tutur Kejari Majalengka Eman Sulaeman.

BACA JUGA:Kunjungan Lapangan dan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam Mengoptmalkan Potensi Desa

Sumber: