7 Amalan Sunan Maulid Nabi Muhammad SAW

7 Amalan Sunan Maulid Nabi Muhammad SAW

Amalan yang dapat dilakukan saat Maulid Nabi Muhammad SAW.-Ist-radarcirebon.com

Radrcirebon.com - Peringatan Maulid Nabi seringkali dilaksanakan oleh seluruh ummat islam yang ada di dunia.
Peringatan ini tiap kali dilaksanakan pada tanggal 12 Rabiul Awal dimana tanggal berikut merupakan tanggal yang menjadi hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Hari lahirnya Nabi Muhammad SAW menjadi hari yang memiliki banyak keutamaan. Banyak sekali amalan yang bisa umat muslim lakukan tiap memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

Tanggal 12 Rabiul Awal adalah tanggal dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan, kelahiran Nabi Muhammad berbarengan dengan penyerangan yang dipimpin oleh raja Abrahah ke Ka’bah menggunakan gajah sehingga tahun ini disebut dengan tahun gajah.

Di Indonesia pada tanggal 12 Rabiul Awal merupakan hari libur Nasional, tahun ini Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 8 Oktober 2022.

BACA JUGA:IJTI Cirebon Raya Hadirkan 'Sambo' Sampah Jadi Sembako

Lalu apa saja amalan sunnah yang bisa kita lakukan saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW?

1.Perbanyak Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW
Amalan pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak-banyaknya. Mengapa? Karena hari ini adalah hari kelahiran baginda agung maka sudah selayaknya kita memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Niatkanlah diri ni selama bulan yang penuh dengan kemuliaan ini kita senantiasa mengisi hari-hari kita dengan bershalawat baik kita berada dimanapun dan kapanpun.

2.Memperbanyak Sedekah
Sedekah merupakan salahsatu perilaku terpuji. Dengan kita bersedekah tidak membuat kita jatuh miskin. Karena dengan kita bersedekah kita akan mendapatkan banyak rezeki dan saling memabantu sesama.

3.Membaca Al-Quran
Sebagai ummat muslim hendaknya kita membaca Al-Quran, perbanyaklah membaca Al-Quran serta lakukanlh apa yang telah diperintahkan didalam Al-Quran dan jauhilah segala bentuk larangan yang dilarang dalam Al-Quran. Meskipun di hari biasa sudah seharusnya kita membaca Al-Quran setiap hari.

4.Puasa Sunnah
Pada peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ummat terbiasa melakukan puasa sunnah, puasa yang biasanya dilakukan adalah puasa senin-kamis. Dimana puasa ini tidak ada ikatan waktu artinya bisa kita laksanakan pada hari-hari dan bulan yang bebas.

BACA JUGA:Aryakibansland, Wisata Seru di Rajagaluh Majalengka, Ada River Tubing, Dulu Bekas TPS

5.Memperdalam rasa cinta kepada  Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad memiliki sikap yang sangat baik dan patut kita contoh segala perbuatannya, ucapannya dan menaati segala ketetapannya. Selainm itu, kita juga hendaknya mempelajari sejarah Nabi Muhammad SA. Bagaimaana kisah beliau bersama sahabat, keluarga, bagaimana proses dakwah nabi Muhammad SAW. Apa saja  Mu’jizat Nabi Muhammad SAW dan lainnya.

6.Berbuat baik kepada makhluk lain
Hendaklah kita sebagai manusia saling menyayangi sesama makhluk baik itu makhluk yang berada di bumi maupun di langit. Karena jika kita saling mencintai sesama makhluk-Nya maka Allah akan menyayangi kita kembali.

7.Membaca Barzanji
Amalan selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah membaca Barzanji. Barzanji bisa kit abaca untuk menyambut hari lahir Rasulullah SAW dan bisa dilakukan oleh individu maupun bersama-sama.
Itulah beberapa amalan-amalan sunnah yang bisa kalian lakukan untuk menyambut peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW (Maulid Nabi) mudah-mudahan dengan kita melakukan amalan-amalan tersebut kecintaan kita kepada beliau bertambah. (salma amalia rahmah/mg)

BACA JUGA:Keren, Festival Pekalipan Cirebon, Begini Penampakan di Malam Hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: