Ibu Kota Jabar Bakal Pindah, Perbandingan Daerah Calon Pengganti Antara Kertajati, Walini hingga Tegalluar

Ibu Kota Jabar Bakal Pindah, Perbandingan Daerah Calon Pengganti Antara Kertajati, Walini hingga Tegalluar

Perbandingan tiga daerah yang dikabarkan menjadi ibu kota baru Jawa Barat (Jabar) bila benar akan pindah.-Infografis: Dzulham Fadholi-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, BANDUNG – Wacana ibu kota Jawa Barat (Jabar) bakal pindah dari Kota BANDUNG, kembali menggelinding pasca Presiden Jokowi meninjau proyek kereta cepat di Tegalluar.

Wacana ibu kota Jabar pindah dari Bandung ke daerah lain, sebenarnya sudah dibahas sejak 2019. Bahkan dipersiapkan kajiannya.

Namun, sebenarnya bukan ibu kota Jabar yang pindah melainkan pusat pemerintahannya. Hal itu, sesuai dengan apa yang disampaikan Gubernur, Ridwan Kamil.

Adapun tiga daerah yang dimaksud salah satunya adalah kawasan Rebana yang terdiri dari Cirebon, Patimban dan Kertajati.


Kereta Cepat Jakarta Bandung akan memiliki 4 stasiun termasuk untuk kedatangan dan keberangkatan.-Ilustrasi: Dzulham Fadholi-radarcirebon.com

BACA JUGA:Konferensi Pers Kapolri Hari Ini Soal Irjen Teddy Minahasa, Kapolri: Komitmen Kami Bersih-bersih

BACA JUGA:1 Kapolda Tidak Hadir di Istana saat Arahan dari Presiden Jokowi, Kapolri: Ada Kegiatan

Kawasan ini, digadang-gadang bakal menjadi penggerak ekonomi baru di Jawa Barat dengan adanya Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang dan Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Hanya saja, seiring penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta Bandung di mana stasiun yang terkoneksi baru sampai ke Tegalluar, besar kemungkinan wilayah ini menjadi kandidat terkuat.

Hal itu, sesuai dengan pernyataan dari Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi.

“Adanya rencana pemerintah kabupaten, Pemerintah Provinsi bahkan Pak Gubernur Jabar (Ridwan Kamil) menyampaikan ini (Tegalluar) menjadi satu opsi yang besar kemungkinannya untuk menjadi ibu kota provinsi Jawa Barat. Tinggal mendorong dukungan politik," kata dia.


Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung diperkirakan sekitar Rp250 ribu sampai dengan Rp350 ribu, tetapi hal tersebut baru sekadar gambaran.-Adpim Pemprov Jabar-radarcirebon.com

BACA JUGA:Lucinta Luna Pasrah Suara Tidak Berubah, Padahal Sudah Habis Uang Miliaran

BACA JUGA:Laporan Tim Pencari Fakta Tragedi Kanjuruhan: Lebih Mengerikan dari yang Beredar di Medsos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: