Budayawan Cirebon Usul Palimanan Jadi Ibu Kota Jawa Barat, Ini Alasannya

Budayawan Cirebon Usul Palimanan Jadi Ibu Kota Jawa Barat, Ini Alasannya

Budayawan Cirebon menyampaikan usul agar Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon dipertimbangkan sebagai ibu kota Jawa Barat.-Ist-radarcirebon.com

Radarcirebon.com, CIREBON - Budayawan Cirebon, Akbarudin Sucipto mengusulkan Kecamatan Palimanan menjadi ibu kota Jawa Barat, bila memang ada rencana untuk pindah.

Menurut Akbarudin Sucipto, ada satu wilayah di Kabupaten Cirebon yakni Palimanan yang diusulkan di tengah munculnya wacana akan pindahnya ibu kota Jawa Barat dari Bandung.

Diungkapkan Akbarudin, Palimanan cocok menjadi ibu kota dari Provinsi Jawa Barat, baik dari sisi infrastruktur maupun tinjauan dari aspek budaya.

Baginya, wacana pemindahan ibu kota cukup menarik mengingat sejak awal Provinsi Jawa Barat lahir, dalam lirik lagu Hallo-Hallo Bandung saja konon Bandung itu bukan Ibu kota Jawa Barat, jadi wajar kalau dalam perjalanan sejarahnya kelak akan berpindah.

BACA JUGA:7 Tahanan Polsek Jatiasih Kabur, Polres Metro Bekasi Kota Bakal Tindak Tegas Anggotanya Karena Lalai

BACA JUGA:Inilah Sejumlah Fakta Kecelakaan Bikkhu di Tol Kanci-Pejagan, 1 Korban Akan Berobat Jalan

Secara wacana, pilihan lokasi ibu kota barunya konon masih diwilayah sekitar Bandung atau dikawasan baru yg disebut Rebana antara Cirebon dan Majalengka.

Aspek Kultural

Menilik dinamika sejarah peradaban masyarakat di Jawa Barat, berpindahnya sebuah ibukota bukan hal yang aneh dan dilatari oleh berbagai faktor.

Seperti kondisi alam yg rawan bencana atau menghindari konflik ketika terjadi perbedaan pemahaman yangg bisa mengganggu keutuhan masyarakat di masa depan.

Dan sikap ini sudah dicontohkan oleh Kawali, Galuh Pakuan dan beberapa wilayah baru pasca buraknya Pajajaran seperti munculnya Banten, Sumedang Larang, Galuh dan Caruban Nagari atau Cirebon. Di mana semuanya tetap memegang prinsip silih asah, silih asih dan silih asuh.

BACA JUGA:5 Tahanan Polsek Jatiasih Bekasi yang Kabur Sudah Ditangkap Lagi, 2 Masih Dalam Pengejaran

BACA JUGA:Update Kecelakaan Bhikkhu di Tol Kanci Pejagan, 2 Korban Dibawa ke Jakarta

Kelengkapan Sarana Infrastruktur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: