Nama Asli Wali Songo, dari Sunan Gunung Jati sampai Sunan Kalijaga, Belum Banyak yang Tahu

Nama Asli Wali Songo, dari Sunan Gunung Jati sampai Sunan Kalijaga, Belum Banyak yang Tahu

Nama asli Wali Songo yang banyak tidak diketahui publik. -Ilustrasi/Dzulham Fadoli-radarcirebon.com

 

Nama asli dari Sunan Gresik adalah Maulana Malik Ibrahim dan dianggap sebagai orang pertama yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa.

 

Ia pertama kali datang ke desa Sembolo, sekarang Desa Laren di kecamatan Manyar, 9 kilometer utara kota Gresik. Strategi dakwahnya dimulai dari perdagangan, yang dilanjutkan dengan pendekatan politik.

BACA JUGA:Uji Laik Fungsi Tol Cisumdawu, Seksi 2-3 Diharapkan Dioperasikan Akhir Tahun 2022

BACA JUGA:Dihadang Anak Punk, Sopir Truk Asal Indramayu Kecelakaan Tabrak Pohon, Becak dan Motor Ikut Jadi Korban

 

Sunan Ampel

 

Raden Rahmat adalah nama asli dari Sunan Ampel yang lahir pada tahun 1401. Wilayah dakwahnya berada di sekitar Surabaya. Ia juga memiliki pesantren Ampeldenta yang terletak di daerah Denta, Surabaya.

 

Strategi dakwahnya yang terkenal adalah dengan mendidik para dai atau juru dakwah. Kemudian, ia menikahkan banyak juru dakwah dengan putra-putri penguasa bawahan Majapahit.

 

Sunan Kudus

 

Ja'far Shadiq adalah nama asli dari Sunan Kudus. Beliau lahir pada tahun 1400. Wilayah dakwahnya adalah di Kudus, Jawa Tengah.

 

Sunan Kudus terkenal tegas dalam menegakkan ajaran syariat Islam. Di masanya, ia dikenal sebagai eksekutor Ki Ageng Pengging dan Syaikh Siti Jenar.

 

Strategi dakwah yang digunakan Sunan Kudus untuk menyebarkan Islam adalah dengan mendekati masyarakat melalui kebutuhan mereka. Ia mengajarkan alat-alat pertukangan, kerajinan emas, membuat keris pusaka, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Kebaya Merah Viral Link Download Beredar, Durasi 16 Menit, Wajib Tau Hal Ini

 

Sunan Giri

 

Muhammad Ainul Yakin adalah nama dari Sunan Giri, beliau lahir pada tahun 1442. Orang tuanya adalah Syaikh Maulana Ishaq bersama Dewi Sekardadu, putri Menak Sembuyu yang merupakan seorang penguasa wilayah Balambangan di ujung kerajaan Majapahit.

 

Sunan Giri adalah salah seorang ulama Wali Songo, majelis penyebar dakwah Islam pertama di Jawa dalam sejarah Indonesia atau Nusantara, pada abad ke-14 Masehi seiring munculnya Kesultanan Demak dan menjelang runtuhnya Kerajaan Majapahit.

 

Sunan Giri dikenal sebagai raja sekaligus guru suci. Ia berperan penting dalam pengembangan dakwah di Nusantara. Strategi dakwahnya yang terkenal adalah dengan memanfaatkan kekuasaan, perniagaan, dan pendidikan.

BACA JUGA:Pemeran Wanita Kebaya Merah yang Viral, Mengarah ke Sosok Influencer Ini, Ada Tato Mahkota

 

Sunan Muria

 

Sebagai putra Sunan Kalijaga, Sunan Muria yang bernama asli Raden Umar Said atau Raden Said mewarisi darah seni ayahnya. Ia lahir pada tahun 1450 dan dianggap sebagai sunan termuda di antara para Wali Songo lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: