Nama Asli Wali Songo, dari Sunan Gunung Jati sampai Sunan Kalijaga, Belum Banyak yang Tahu

Nama Asli Wali Songo, dari Sunan Gunung Jati sampai Sunan Kalijaga, Belum Banyak yang Tahu

Nama asli Wali Songo yang banyak tidak diketahui publik. -Ilustrasi/Dzulham Fadoli-radarcirebon.com

 

Radarcirebon.com, CIREBON - Wali Songo memiliki mama asli yang tidak banyak orang tahu. Sosok 9 wali tersebut, adalah penyebar Islam di tanah Jawa dan kerap menyandang nama daerah.

 

Nama asli Wali Songo memang jarang yang mengulas. Meski beberapa wali, namanya tidak asing di telinga. Misalnya Sunan Gunung Jati, yang memiliki nama Syekh Syarif Hidayatullah.

 

Namun, sosok Wali Songo seperti Sunan Kalijaga yang begitu terkenal, jarang diketahui orang siapa nama asli sosok yang begitu terkenal di tanah Jawa tersebut. Bahkan diceritakan dalam berbagai kisah baik yang berlatar belakang sejarah maupun legenda.

 

Belum lagi nama asli anggota Wali Songo yang menggunakan nama daerah, seperti Sunan Kudus, Sunan Gresik, Sunan Ampel, juga Sunan Bonang dan lainnya.

BACA JUGA:Kronologi Pelajar Konvoi di Palimanan Cirebon Tabrak Wuling, Masuk Rumah Sakit

BACA JUGA:Uang PKH Kapan Cair, Tahap 4 Wajib Simak Info Berikut sebelum ke Kantor Pos

 

Banyak masyarakat yang hanya mengenal nama panggilan atau julukannya saja. Oleh karena itu, pada artikel ini, akan dibahas nama asli mereka.

 

Termasuk penjelasan terkait kiprah yang dilakukan dalam penyebaran Islam di Pulau Jawa. Juga perjuangan yang dilakukan, serta model dakwahnya.

 

Berikut adalah nama asli dari anggota Wali Songo:

 

Sunan Gunung Jati

 

Sosok penyebar Islam di Jawa Barat yang dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati, memiliki nama asli Syekh Syarif Hidayatullah. Selain ulama dan melakukan syiar, Susuhunan Jati juga seorang kepala pemerintahan.

 

Dalam melakukan dakwahnya, Sunan Gunung Jati dikenal sangat santun. Sehingga dapat diterima di setiap syiar yang dilakukannya. Bahkan tidak hanya di Jawa Barat, tetapi sampai ke Banten dan daerah lainnya.

BACA JUGA:Tawuran di Palimanan Cirebon, Mobil Wuling Jadi Korban karena Ditabrak Pelajar, Motor Ditinggal Kabur

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Terkini 2022, Target Operasi saat Libur Natal, Semoga!

 

Sunan Kalijaga

 

Dikenal dengan dakwah yang memadukan dengan kebudayaan, Sunan Kalijaga memiliki nama asli Raden Said. Beliau adalah salah satu anggota yang paling terkenal.

 

Dakwah Sunan Kalijaga banyak memanfaatkan kesenian, kebudayaan, juga kearifan lokal lainnya. Sehingga dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.

 

Sunan Gresik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: