5 Obat Herbal Atasi Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh, Terbukti Ampuh

5 Obat Herbal Atasi Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh, Terbukti Ampuh

Ilustrasi--

Radarcirebon.com – Berikut 5 obat herbal bisa atasi batuk yang tak kunjung sembuh. Batuk adalah cara alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dan tenggorokan dari bakateri, virus dan kotoran.

Beberapa peyebab batuk adalah karena alergi, infeksi virus atau dari gejala penyakit tertentu. Batuk biasanya disertai gejala lain seperti pilek, sakit tenggorokan, demam, sesak nafas dan lainnya.

Batuk biasanya tidak bertahan lama dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, ada batuk yang berangsur lama tak kunjung sembuh. Batuk yang berkepanjangan akan membuat aktivitas sangat terganggu karena tenggorokan yang sakit dan gatal, bahkan akan lebih parah jika dibiarkan.

Sebaiknya segera lakukan pengobatan ketika mengalami batuk untuk mengurangi keluhan-keluhan batuk. Batuk bisa diatasi dengan perawatan medis maupun alternatif lain untuk sembuhkan batuk, seperti obat herbal atau obat batuk alami.

BACA JUGA:Sejarah Hari Jadi Cirebon, Ternyata Keraton Kanoman Sudah Lama Usul Dikaji Ulang

Berikut 5 obat herbal untuk sembuhkan batuk yang tak kunjung sembuh, dilansir dari berbagai sumber.

1.    Jahe
Jahe merupakan tanaman herbal yang mampu menyembuhkan sejumlah penyakit salah satunya adalah penyakit batuk. Kandungan antikoksidan pada obat herbal ini mampu mematikan virus dan bakteri di saluran tenggorokan serta terdapat zat antiinflamasi dan antitusif dalam jahe yang efektif untuk redakan batuk. Untuk memanfaatkan khasiatnya, jahe bisa dikonsumsi secara mentah-mentah atau meminum air rebusan jahe.        

2.    Jeruk Nipis
Jeruk nipis dikenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, kandungan inilah yang bisa untuk sembuhkan batuk karena khasiatnya bermanfaat untuk proses pemulihan tubuh dari infeksi virus dan bakteri.     Selain itu, kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis mampu meringankan batuk dan melegakan tenggorokan. Untuk mengobati batuk dengan jeruk nipis, air perasan jeruk nipis dapat langsung diminum atau mencampurkannya dengan kecap.

3.    Belimbing Wuluh
Buah dengan rasa asam ini cukup mudah ditemukan dan sering dipakai untuk  aneka masakan. Namun, buah ini ternyata bisa menjadi obat herbal untuk sembuhkan batuk karena kandungan antiradangnya. Selain buahnya, bunga belimbing wuluh juga berperan efektif untuk sembuhkan batuk. Buah belimbing bisa langsung dikonsumsi setelah di cuci bersih  atau rebus bunga belimbing dengan gula untuk mengobati batuk.

BACA JUGA:Dapat Suara Terbanyak Dalam Sidang Tanwir Muktamar Muhammadiyah, Anwar Abbas: Segala Kemungkinan Bisa Terjadi

4.    Kunyit
Kunyit menjadi salah satu obat herbal untuk redakan sejumlah penyakit. Kunyit mengandung minyak atsiri dan  memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa sembuhkan batuk. Banyak cara untuk rasakan manfaat dari kunyit, bisa dengan meminum air rebusan kunyit atau parutan kunyit yang dicampur dengan air jeruk nipis.

5.    Buah Mengkudu
Obat herbal untuk sembuhkan batuk lainnya adalah buah mengkudu, buah ini memiliki banyak khasiat untuk sembuhhkan penyakit. Sifat antivirus yang ada dalam buah mengkudu dapat membantu meredekan batuk. Cara mengolah buah mengkudu untuk obat batuk yaitu dengan cara dibuat jus, karena aroma yang tidak sedap dan rasa yang cenderung pahit bisa mencampurkan buah lain dalam jus mengkudu misalnya buah nanas.   

Itulah ulasan dari 5 obat herbal yang bisa bantu sembuhkan batuk, apabila batuk tidak kunjung sembuh meski sudah memakai cara diatas. Segera konsultasikan dengan dokter. (Yurita Febriyawati)

BACA JUGA:PLTU Cirebon Unit 1 akan Dipensiunkan, Pelopor Teknologi Pembangkit Bersih, Yuk Intip di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: