BNI-SMK Manbau’ul Ulum Kerja Sama Bank Sampah

BNI-SMK Manbau’ul Ulum Kerja Sama Bank Sampah

KERJA SAMA: Pemimpin Cabang BNI Kantor Cabang Cirebon Leo Mangin Tahan foto sambil menunjukkan MoU dengan Yayasan Wakaf Manba’ul Ulum.--

CIREBON, RADARCIREBON.COM – PT Bank Negara Indonesia (Persero) tbk atau BNI berkomitmen terhadap lingkungan dengan tagline BNI Go Green. BNI terus berupaya menyelamatkan dan menghijaukan bumi yang kelak akan diwariskan terhadap generasi selanjutnya. Hal tersebut menjadi inspirasi dalam kerja sama antara BNI Cabang Cirebon dengan SMK Manba’ul Ulum, Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, dalam bentuk  launching Bank Sampah.

Kegiatan penandatanganan kerja sama MoU ekosistem pendidikan dan launching Bank Sampah tersebut, bertempat di SMK Manba’ul Ulum, bertepatan dengan Hari Guru.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Bank Indonesia (BI) Nana Supena, OJK Nana Rosdiana, pendiri dan sesepuh Yayasan Wakaf Manba’ul Ulum KH Taufiq Rahman SE, Kepala Sekolah Hasan Albana, serta seluruh civitas SMK Manba’ul Ulum.

Pemimpin Cabang BNI Kantor Cabang Cirebon Leo Mangin Tahan SE MSi menyampaikan, pihaknya memfasilitasi Bank Sampah sebagai bentuk pemanfaatan barang-barang bekas menjadi bernilai ekonomis. Ke depan, diharapakan para siswa-siswi Manba’ul Ulum dapat mengumpulkan barang bekas untuk ditimbang, dan selanjutnya menjadi penghasilan.

BACA JUGA:5 Cofee Shop yang instagramable di Kuningan Jawa Barat

“Ini mendidik kreativitas siswa-siswi dalam menghasilkan sesuatu dari barang bekas. Juga jadi pelajaran untuk menabung,” ujar Leo.

Pihaknya telah membuka BNI AGEN46 sebagai kepanjangan tangan dari BNI sendiri. Sehingga, bisa dijadikan sebagai laboratorium perbankan siswa-siswi Manba’ul Ulum. Di mana, di dalamnya terdapat kegiatan setoran, penarikan, pembayaran, dan pembukaan rekening.

Hal tersebut selaras dengan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait inklusi keuangan. Di mana, pembayarannya tidak dengan tunai, tapi masuk ke rekening simpanan pelajar. Barang-barang bekas yang nanti dikumpulkan siswa-siswi, juga tidak hanya untuk ditimbang saja. Melainkan akan diolah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi.

Menurutnya, SMK Manba’ul Ulum merupakan sekolah pertama Bank Sampah. Ke depan, pihaknya  tidak menutup kemungkinan untuk diadakan kerja sama dengan pihak sekolah atau pesantren yang lain.

BACA JUGA:Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar di Syntax Foundation

“Silahkan bisa datang langsung melalui kantor cabang utama atau di outlet-outlet BNI terdekat,” ujarnya.
Pihak Yayasan Wakaf Manba’ul Ulum KH Taufiq Rahman SE berterimakasih kepada BUMN, khususnya  BNI Cabang Cirebon yang telah bekerja sama.

Di mana, kegiatan ini merupakan terobosan baru di dunia pendidikan. Harapan ke depan, kerja sama ini tidak hanya dalam bentuk kegiatan Bank Sampah dan outlet, tapi juga dalam kegiatan lainnya yang mendukung dari peningkatan nilai dan kuailtas pendidikan. Khususnya di lingkungan Yayasan Wakaf Manba’ul Ulum. Karena menurutnya, peningkatan kualitas pendidikan perlu melibatkan semua pihak. (adv/deden)

BACA JUGA:5 Cafe Bernuansa Alam di Majalengka, Buat Harimu Lebih Berwarna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: