KID Kabupaten Cirebon: 2023 Badan Publik Harus Lebih Terbuka dan Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi

KID Kabupaten Cirebon: 2023 Badan Publik Harus Lebih Terbuka dan Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi

Wakil Ketua KID Kabupaten Cirebon Predi Fibrina SE -Mohamad Junaedi-radarcirebon.com

Melihat fenomena tersebut, dia menjelaskan bahwa perkembangan keterbukaan informasi tersebut menimbulkan budaya baru dalam berkomunikasi secara digital.

BACA JUGA:Lukas Enembe Ditangkap KPK, Kapolda Papua Instruksikan Hal Ini ke Jajarannya

Oleh sebab itu, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) disetiap badan publik diharapkan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi sehingga dapat mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih transparan, akuntabel, dan mendorong partisipasi masyarakat.

Makanya, Predi mendorong setiap badan publik di Kabupaten Cirebon untuk berubah dan mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi. 

“Badan publik harus membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola informasi publik secara baik dan efisien, sehingga dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat," tegasnya.

BACA JUGA:Puasa Ayyamul Bidh di Januari 2023, Sangat Baik untuk Tubuh, Awas salah Tanggal

Dia menyebutkan, ada tiga manfaat keterbukaan informasi publik, yakni menciptakan good government, membangun kepercayaan publik, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kerena, hasil dari studi Bank Dunia, kemudahan mengakses dan transparansi informasi dapat membantu warga miskin mendapatkan berbagai program pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan. (jun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase