Ducati Bakal Keluarkan Motor Balap Berbahan Bakar Listrik, Siap Tampil di MotoE 2023

Ducati Bakal Keluarkan Motor Balap Berbahan Bakar Listrik, Siap Tampil di MotoE 2023

Inilah tampang motor balap listrik milik Ducati yang bakal tampil di ajang MotoE 2023.-gpone.com-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM  - Pabrikan motor asal Italia, Ducati sedang membuat motor balap tapi berbahan bakar listrik.

Ducati MotoE diprediksi akan selesai pada pertengahan Februari 2023 dan akan langsung digunakan dalam grand prix 2023 FIM Enel MotoE.  

Motor Listrik produksi Ducati akan mulai debut pertama di French Grand Prix pada hari sabtu, 13 mei 2023.

CEO Ducati Claudio Domenicali mengatakan, motor listrik Ducati siap ketika teknologi baterai dipergunakan tim peserta Kejuaraan Dunia MotoE.

BACA JUGA:Kompetisi Liga 2 Indonesia Dihentikan, Persipura Layangkan Surat Somasi ke PSSI

“Lebih dari setahun setelah tes pertama dengan Michele Pirro di sirkuit dunia Misano Marco Simoncelli, pekerjaan telah dimulai pada prototipe "V21L" yang akan menjadi protagonis dari musim kejuaraan dunia 2023 FIM Enel MotoE,” kata Claudio Domenicali dilansir GP ONE.

Produksi sepeda motor listrik dimulai pada bulan desember  2022 dan 23 unit akan siap pada pertengahan Februari 2023.

Selain 18 sepeda motor yang akan berlomba, lima unit cadangan akan disediakan untuk organisasi.

Setiap prototipe dibuat oleh para teknisi di departemen balap Ducati MotoE dengan proses yang sama, presisi, dan perhatian terhadap detail khas keahlian tinggi yang digunakan untuk membuat motor listrik MotoGP.

BACA JUGA:Sudah Masuk Kosgoro 1957 , Ridwan Kamil Selangkah Lagi Gabung Partai Golkar

Awal produksi prototipe "V21L" merupakan awal dari bab baru dan penting dalam sejarah Ducati.

Untuk perusahaan yang berbasis di Bologna, Italia, proyek ini lahir dengan tujuan mengembangkan keterampilan untuk masa depannya, mempertahankan pendekatan yang selalu memiliki DNA Ducati dengan bahan bakar.

Untuk melakukan hal ini, Ducati menciptakan motor listrik paling berteknologi, menyuling dan canggih di dunia, hasil kerja bersama insinyur Ducati litbang dan tim Ducati Corse.

BACA JUGA:Rugikan Negara, Dodi Martimbang Mantan GM Unit Bisnis PT Antam Resmi Ditahan KPK

"V21L" adalah MotoGP sepeda motor listrik, menggabungkan teknologi elektronik dan dimensi chassis yang dikembangkan oleh Ducati Corse dengan proses desain dan manajemen proyek khas sepeda jalanan seperti Panigale V4,” terang Domecicali.

Proyek MotoE merupakan langkah yang menentukan bagi Ducati untuk berkontribusi pada pengurangan emisi CO2 di sisi produk, bersama penelitian terhadap bahan bakar sintetis (eFuel) yang dapat mengurangi total emisi CO2 dari mesin pembakaran internal menjadi nol.

Keberlanjutan lingkungan adalah sesuatu bahwa semua individu dan semua perusahaan harus mempertimbangkan prioritas jika keseimbangan planet ini harus dipertahankan.

BACA JUGA:Buka Rakornas Kepala Daerah, Presiden Jokowi Ingatkan ke Bupati, Wali Kota dan Guberbur soal Stunting

Ducati berkomitmen untuk ini juga pada tingkat industri, dan konstruksi dari Finitura e Delibera Estetica area yang diklasifikasi sebagai contoh terbaru dalam nol energi.

Setelah setahun uji coba pembangunan yang telah melihat Michele Pirro, Alex De Angelis dan Chaz Davies bergiliran mengendarai prototipe "V21L", proyek mocati MotoE semakin mendekati saat motor akan melaju ke lintasan.

Tes pertama dengan pembalap dan tim yang akan bersaing di kejuaraan dunia 2023 dijadwalkan untuk 6, 7 dan 8 maret di Jerez diikuti dengan tiga hari ujian pada tanggal 3, 4 dan 5 April di sirkuit Montmelo di Barcelona.

Race debut akan berlangsung di French Grand Prix pada hari sabtu, 13 mei. Kalender dunia MotoE 2023 di seluruh dunia motogp dengan dua balapan per akhir pekan, keduanya di hari sabtu.

BACA JUGA:Sejumlah Mobil Milik Lukas Enembe Ditahan KPK

Setelah perancis debut, MotoE World Championship akan hadir di semua balapan eropa berikutnya hingga GP (GP), dengan demikian akan dilanjutkan di Mugello pada akhir pekan 11 juni, di Sachsenring pada akhir pekan berikutnya dan di Assen pada tanggal 25 juni.

Setelah liburan musim panas, motor mocati Ducati akan kembali ke lintasan di Silverstone pada tanggal 5 agustus, sebelum mencapai tiga grand Prix di cincin banteng merah (20 agustus), Catalunya (2 September) dan Misano (10 September). (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase