ALHAMDULILLAH Setelah 8 Tahun Hilal Terlihat di Pantai Baro Gebang Cirebon

ALHAMDULILLAH Setelah 8 Tahun Hilal Terlihat di Pantai Baro Gebang Cirebon

Pantau hilal di Pantai Baro, Gebang, Kabupaten Cirebon.-Deny Hamdani-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Setelah 8 tahun hilal tidak terlihat dalam pemantauan di Pantai Baro Gebang, Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon. 

Pantauan radarcirebon.com di lokasi, hilal terlihat pukul 18.02 WIB, Rabu, 22, Maret 2023. Terlihatnya tanda awal Bulan Ramadhan ini, nantinya akan dilaporkan bersama dengan daerah lain yang melakukan pemantauan di seluruh indonesia. 

Saat pemantauan hilal di Pantai Baro Gebang Cirebon, cuaca sebenarnya mendung. Namun dari beberapa perangkat teleskop yang disediakan, akhirnya dapat melihat hilal. 

Terlihatnya hilal pada ketinggian tertentu menjadi konfirmasi untuk penetapan awal Ramadhan. Sekaligus nantinya dibawa dalam sidang isbat di Kementerian Agama. 

BACA JUGA:Awal Ramadan, Keraton Kasepuhan Tetap Buka Layani Kunjungan Wisatawan

BACA JUGA:Tradisi Dlugdag di Keraton Kasepuhan Cirebon, Pukul Bedug Sambut Ramadhan

Ketua BHRD Kabupaten Cirebon, Dr KH Samsudin MAg kepada Radar mengatakan hilal di pantai Baro Gebang terlihat pada pukul 18.02 WIB. "Alhamdulillah hilal di Gebang bisa terlihat jelas," ujarnya.

Diungkapkan dia, hilal terakhir kali terlihat di Pantai Baro Gebang pada tahun 2015.

Penetapan awal Ramadhan 1444 H dilaksanakan pemerintah melalui Sidang Isbat yang dilaksanakan setelah pemantauan hilal di sejumlah lokasi di Indonesia.

Menurut kriteria baru MABIMS, imkanur rukyat dianggap memenuhi syarat apabila posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

BACA JUGA:Penetapan Awal Ramadhan 1444 H, Ikuti di Sini, Jangan Sampai Terlewat

Kriteria ini merupakan pembaruan dari kriteria sebelumnya, yakni 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapat masukan dan kritik.

Adapun Konferensi Pers Sidang Isbat sendiri, dilaksanakan pukul 19.00 WIB oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: