SELAIN CIREBON, Sonic Boom Pesawat Tempur F16 TNI AU Pernah Bikin Geger Warga Kampar

SELAIN CIREBON, Sonic Boom Pesawat Tempur F16 TNI AU Pernah Bikin Geger Warga Kampar

Pesawat tempur F16 TNI AU. Foto:-tni-au.mil.id-

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Pesawat Tempur F16 milik TNI AU sempat menggegerkan warga Cirebon pada Senin pagi, 15 Mei 2023.

Itu setelah pesawat canggih buatan Amerika Serikat tersebut diterbangkan di langit Cirebon.

Ternyata, keberadaan Pesawat Tempur F16 juga sempat menggegerkan warga Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. 

Peristiwa ini terjadi jauh sebelum di Cirebon. Yaitu, ketika terdengar bunyi ledakan yang ternyata merupakan suara sonic boom yang keluar dari Pesawat F16.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu 16 Desember 2021 lalu. Warga Kabupaten Kampar sempat mengira suara ledakan yang terdengar pada pukul 10.30 WIB itu merupakan suara dari ledakan bom.

Dijelaskan oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama (Marsma) TNI, Andi Kustoro, suara ledakan yang didengar oleh masyarakat merupakan dentuman sonic.

Dentuman sonic atau sonic boom itu keluar dari mesin pesawat tempur F16. Itu terjadi ketika Functional Check Flight (FCF) yang dilakukan di sekitar Provinsi Riau.

BACA JUGA:HASIL RISET, 87 Persen Anak-Anak dari Keluarga Miskin akan Tetap Miskin ketika Dewasa Nanti

BACA JUGA:Jika Timnas U-22 Indonesia Menang di Final SEA Games 2023, Bonus Ratusan Juta Menanti

“Tadi pagi pesawat F-16 lakukan uji mesin yang dihasilkan dari mesin pesawat saat terbang di atas kecepatan melebihi suara,” demikian dikatakan Andi Kustoro dalam penjelasannya dilansir dari laman tni-au.mil.id.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa, suara ledakan tersebut tidak berasal dari darat. Tetapi berasal dari ketinggian 40 ribu kaki, radiusnya mencapai 5-25 NM.

“Uji terbang mesin pesawat pada ketinggian tersebut sesuai dengan standar,” kata Andi Kustoro. 

“Oleh karena itu dimohon kepada masyarakat Riau khususnya Kampar untuk mengetahui sebagai pengetahuan tentang sonic boom,“ imbuhnya. 

Sementara itu, warga Cirebon sempat geger lantaran mendengar suara pesawat yang begitu kencang pada Senin pagi 15 Mei 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: