Megahnya Galangan Kapal Mahad Al Zaytun, Bikin Kapal Besar, Biaya Miliaran Rupiah

Megahnya Galangan Kapal Mahad Al Zaytun, Bikin Kapal Besar, Biaya Miliaran Rupiah

Galangan kapal Mahad Al Zaytun di Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.-Dokumen-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM – Mahad Al Zaytun sedang membangun galangan kapal yang dapat memproduksi kapal berukuran hingga 600 gross ton (GT). 

Kapal penangkapan ikan itu, nantinya bakal menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Termasuk di Kabupaten Indramayu.

Pola penangkapan ikan dengan kapal besar tersebut juga akan berubah, karena sudah dilengkapi dengan air blas freezer (ABF) dengan suhu minus 60 derajat celcius.

Sehingga kapal bisa berhari-hari berada di lautan, sementara kualitas ikan hasil tangkapan dapat tetap dipertahankan.

BACA JUGA:Cerita Syekh Panji Gumilang Izinkan Natalan di Mahad Al Zaytun: Saya Ikut Nyanyi

Perusahaan galangan kapal tersebut adalah PT Pelabuhan Samudra Biru Mangun Kencana di bawah Lembaga Kemakmuran Majid (LKM) Rahmatan Lil Alamin Mahad Al Zaytun.

Lokasinya berada di Jalan Kertawinangun, Blok Cibiuk, Desa Eretan Kulon, Kecamatan  Kandanghaur, Kabupaten Indramayu. 

Belakangan ini, Syekh Panji Gumilang sering berada di galangan kapal tersebut untuk melihat proses produksi, terkadang sembari berdzikir.

Menurut Syekh Panji Gumilang, sekarang ini perusahaan baru mendapat izin membuat 12 kapal nelayan yang salah satunya berukuran 600 gross ton.

BACA JUGA:Wagub Uu ke Al Zaytun Indramayu, Panji Gumilang Tanyakan Nilai Pancasila

Kapal nelayan yang berukuran besar itu nantinya akan berlayar di perairan terjauh dengan para pekerja adalah warga sekitar.

”Semua pekerjanya adalah warga sekitar. Kita gak usah tanya berapa biaya pmbuatan kapal. Yang pasti saya ingin membangun Indramayu,” jelas Syekh Panji Gumilang. 

Pertemuan dengan syekh benar-benar santai. Meski dia juga meminta agar pertanyaan jangan terlalu mendetil.

”Sudah pertanyaanya jangan mendetil,” tandas syekh dengan gaya bicara yang keras tapi tegas dan seringkali diselipi dengan kalimat akhir merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: