Megahnya Galangan Kapal Mahad Al Zaytun, Bikin Kapal Besar, Biaya Miliaran Rupiah

Megahnya Galangan Kapal Mahad Al Zaytun, Bikin Kapal Besar, Biaya Miliaran Rupiah

Galangan kapal Mahad Al Zaytun di Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.-Dokumen-radarcirebon.com

BACA JUGA:TERUNGKAP Aliran Dana Al Zaytun, Setahun Rp 595,2 Miliar, Diungkap Syekh Panji Gumilang kepada Intel

Sosok syekh memang orang pekerja keras. Dia lahir dari keluarga petani di Gresik dan ayah nya seorang kuwu atau kepala desa.

Syekh memiliki jiwa disiplin tinggi dan terus melakukan inovasi. Hal itu dibuktikan dengan pembuatan galangan kapal nelayan tradisional dengan desain nya sendiri.

Ia memiliki filosofi hidup nya yaitu kehidupan di mulai umur 70 tahun. Artinya dalam berjuang itu harus berpikir secara matang. 

Galangan kapal tersebut juga sempat dikunjungi oleh Dahlan Iskan pada akhir pekan lalu, sekaligus melihat langsung proses produksinya.

BACA JUGA:PERINGATAN! Jamaah Haji Indonesia Jangan Bikin Konten Negatif di Mekkah, Bisa Masalah

Salah satunya yakni kapal dengan ukuran 600 GT yang praktis sudah hampir jadi, dan tinggal menunggu diluncurkan ke lautan.

Dikatakan Syekh, pada September nanti, kapal tersebut tepat 1,5 tahun dikerjakan. Pengerjaan memang relatif cepat karena seluruh peralatan disediakan. Misalnya crane, dengan daya angkut hingga 5 ton.

Yang membanggakan, desain kapal tersebut juga dikerjakan sendiri. Bahkan, pembangunannya menggunakan SDM yang ada di Al Zaytun, termasuk pemasangan fiber.

Ke depan, Syekh Panji mengaku akan membangun pusat industri perikanan terpadu di lahan seluas 350 hektare yang saat ini proses pembebasannya telah mencapai 75 persen.

BACA JUGA:Hambdalah Versi Nabi Daud Dinyanyikan Syekh Panji Gumilang di Depan Dahlan Iskan dan Kivlan Zen

Memasuki sektor perikanan tentu menjadi hal baru bagi Syekh Panji Gumilang. Sebelumnya, Mahad Al Zaytun sudah sukses dengan pertanian dan peternakan.

Termasuk dengan galangan kapal di bawah LKM Mahad Al Zaytun yang dibangun sejak 2021 dan kini sudah berhasil menuntaskan produksi 2 unit kapal ukuran besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: