TERUNGKAP! Tentara Inggris Ikut Lindungi Bandara Cakrabhuwana Cirebon dari Serangan Pesawat Musuh

TERUNGKAP! Tentara Inggris Ikut Lindungi Bandara Cakrabhuwana Cirebon dari Serangan Pesawat Musuh

British Army atau tentara Angkatan Darat Ingggris ikut dalam sesi latihan lindungi Bandara Cakrabhuwana Cirebon.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Untuk melindungi Bandara Cakrabhuwana Kota Cirebon dari serangan musuh, beragam peralatan canggih hingga British Army atau Angkatan Darat (AD) Inggris ikut dilibatkan.

Bahkan, peralatan pertahanan dan tempur canggih seperti peluncur rudal starstreak, mobil radar, rudal darat ke udara, anti pesawat dan rudal jenis light weight multirole missile (LML) juga dilibatkat.

Beragam rudal dan peralatan pertahanan udara tersebut diproduksi oleh manufaktur Inggris yakni Thales Air Defense.

Mulai dari 15 sampai dengan 26 Mei, Collective Training dilaksanakan berama dengan Batalyon Arhanud 14/PWY Cirebon.

BACA JUGA:Ambisi Mahad Al Zaytun Kuasai Lautan, Bangun 90 Kapal 600 GT, Armadanya Sudah Siap

Sedangkan dari British Army bertindak sebagai instruktur dalam kegiatan latihan pertahanan udara tersebut.

Komandan Batalyon Arhanud 14/PWY Cirebbon, Mayor ARH Yanuar Yudistira mengungkapkan, collective training dilaksanakan dalam 3 sesi praktek dan skenario pertahanan udara.

Salah satunya adalah mekanisme pertahanan untuk melindungi Bandara Udara Cakrabhuwana Cirebon, di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Pada ketiga sesi latihan dilaksanakan simulasi penggunaan alutsista rudal dan radar, juga sinkronisasi rudal dan radar.

BACA JUGA:TERBARU! Syekh Panji Gumilang: Haleluya Sama Dengan Tahlil, Natalan di Al Zaytun Sudah Biasa

"Kami melaksanakan prosedur pengendalian operasi, penangkapan sasaran, identifikasi sasaran, penguncian dan penembakan sasaran," katanya.

Dijelaskan Danyon Arhanud 14/PWY, pada skenario latihan dilakukan perlindungan terhadap Bandara Cakrabhuwana Cirebon dari serangan pesawat musuh.

"Kami berusaha meningkatkan kemampuan untuk mengoperasikan alutsista TNI Angkatan Darat, tentunya agar semakin modern, maju dan canggih," tuturnya.

Diungkapkan Danyon Arhanud, pasukan British Army yang turut hadir telah memiliki pengalaman tempur. Sehingga mereka memberi banyak transfer ilmu kepada prajurit Yon Arhanud 14/PWY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: