Peringati Hari Lahir Pancasila, GM FKPPI Kota Cirebon Gelar Kegiatan Ini

Peringati Hari Lahir Pancasila, GM FKPPI Kota Cirebon Gelar Kegiatan Ini

GM FKPPI Kota Cirebon bersama alumni KNPI Kota Cirebon menggelar Refleksi Hari Lahir Pancasila, Kamis 1 Juni 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni merupakan momentum penting bagi bangsa Indonesia untuk merenungkan kembali nilai-nilai dasar yang menjadi pijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA:Pemprov Jabar Tugaskan Sumedang Bantu Pacu Transformasi Digital Kabupaten dan Kota

Hal tersebut diungkapkan M Dany Jaelani selaku Ketua Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (GM FKPPI) Kota Cirebon kepada radarcirebon.com usai menghadiri Refleksi Hari Lahir Pancasila dengan tema Pancasila sebagai Jatidiri Bangsa Indonesia di Co-Working space Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (DKIS), Jalan Sudharsono, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Kamis sore 1 Juni 2023.

BACA JUGA:Panji Gumilang Punya Konsep Keren untuk Mewujudkan Indonesia Gemilang di Tahun 2045

"Kegiatan ini adalah bentuk tanggungjawab kita sebagai warga bangsa, bahwa Pancasila adalah sumpah bangsa Indonesia sebagai  wujud dari ideologi bangsa Indonesia yang harus kita pertahankan sampai titik darah  penghabisan,"ungkapnya.

Dikatakan M Dany, tujuan digelarnya diskusi Refleksi Hari Lahir Pancasila tersebut adalah untuk mengenang dan menghargai perjuangan para pendiri bangsa.

BACA JUGA:Bupati Imron Sambangi Proses Peningkatan Ruas Jalan Sindanglaut-Ciledug

"Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenang dan menghargai perjuangan para pendiri bangsa tentunya yang merumuskan landasan ideologi Pancasila sebagai ideologi bangsa,"katanya.

Dany menyebutkan, Kota Cirebon menjadi barometer miniatur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia tentang Kebhinekaan.

BACA JUGA:BEJAT, Pengurus Panti Asuhan di Kuningan Hamili Anak Asuhnya

"Di Kota Cirebon harmonisasi sudah terbangun dengan peradaban Cirebon yang mungkin kita tahu Cirebon menjadi barometer miniatur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tentang kebhinekaan, harmonisasian dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan negara," sebutnya.

BACA JUGA:TERBARU! Jawaban Panji Gumilang Soal NII KW9, Mas Ken Pasrah: Al Zaytun Terlalu Sakti

Pantauan radarcirebon.com, kegiatan tersebut dihadiri Subardi SPd, mantan Walikota Cirebon dua periode.

Kemudian alumni Ketua KNPI Kota Cirebon, tokoh lintas agama, Komunitas Cinta Cirebon, Alumni Menwa Cirebon Raya, Laskar Macan Ali (LMA) Cirebon dan tokoh sejarah dan masyarakat Kota Cirebon. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase