Jangan Diabaikan, Ini Dia Ciri-ciri Busi Sepeda Motor Mulai Rusak

Jangan Diabaikan, Ini Dia Ciri-ciri Busi Sepeda Motor Mulai Rusak

Kenali busi yang sudah tidak layak digunakan. -DAM-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Terdapat beberapa komponen kecil pada sepeda motor yang memiliki fungsi sangat vital, salah satunya busi.

Busi merupakan komponen penting dalam sistem pengapian di sepeda motor. Tanpa busi, mesin sepeda motor tidak akan dapat dihidupkan.

Untuk itu, bagi pemilik sepeda motor penting untuk mengetahui kondisi busi yang baik dan menjaganya agar performa sepeda motor tetap baik. 

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan, busi berfungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh koil pengapian (ignition coil).

Tegang listrik ini akan menjadi percikan api untuk membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar.

Seperti seluruh komponen motor lainnya, busi juga memerlukan perhatian dan perawatan agar kondisi dan kinerjanya tetap optimal.

"Jika busi dibiarkan dalam kondisi buruk, kinerjanya tidak akan sempurna sehingga mengganggu performa sepeda motor dan mengurangi efisiensi bahan bakar,” ujarnya.

BACA JUGA:Begini Penampakan Rest Area dengan Fasilitas Super Mewah di Tol Cisumdawu, Lokasi Dekat dari Majalengka

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat ditemukan jika busi sudah dalam kondisi buruk. Beberapa ciri-cirinya antara lain mesin sepeda motor sulit dihidupkan, baik menggunakan elektrik starter atau diengkol.

Pada umumnya, penyebab utama terjadinya hal tersebut karena percikan api yang dihasilkan oleh busi tidak mencukupi untuk memicu pembakaran di dalam mesin.

Artinya, itu tanda bahwa busi harus segera diganti. Kondisi busi yang aus juga dapat mempengaruhi performa mesin sepeda motor secara keseluruhan seperti penurunan tenaga atau sulit berakselerasi dengan cepat.

"Mesin juga mungkin terasa lebih lemah saat menanjak atau saat berakselerasi di kecepatan tinggi, hal ini terjadi karena terdapat perubahan jarak antara elektroda dan massa (ground) pada busi," tuturnya. 

Saat konsumsi bahan bakar meningkat tanpa alasan yang jelas perlu diwaspadai karena ini bisa jadi salah satu ciri-ciri busi sudah tidak layak digunakan.

Ketika busi mengalami keausan dan menghasilkan kondisi misfire, membuat proses pembakaran tidak sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: