Islamic Center di Pedalaman Lampung, Tak Kalah Heboh dengan Masjid Al Jabar di Bandung

Islamic Center di Pedalaman Lampung, Tak Kalah Heboh dengan Masjid Al Jabar di Bandung

Suasana Islamic Center Tulangbawang Barat, Provinsi Lampung. -Dokumen-radarcirebon.com

TULANGBAWANG BARAT, RADARCIREBON.COM - Bukan hanya Berugo Cottage saja yang menjadi keunggulan wisata di Kabupaten  TULANGBAWANG BARAT (Tubaba). Ternyata Islamic Center (IC) di salah satu kabupaten di Lampung ini juga menjadi tujuan wisata yang menarik.

Bahkan ada yang mengatakan, walau di pedalaman Lampung, IC di Tubaba ini tak kalah menarik bila dibandingkan dengan Masjid Al Jabar di Bandung yang heboh itu. Sejak dibuka hingga sekarang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Bukan tak hanya kalah heboh, IC Tubaba ini lebih dahulu dibangun dibandingkan dengan Masjid Al Jabar di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.

Islamic Center merupakan public space ini, dibangun oleh pemerintah kabupaten Tulangbawang Barat pada tahun 2014. diresmikan pada tahun 2016.

BACA JUGA:Ahli Bedah Ortopedi Asal India Sarankan 5 Posisi Duduk yang Harus Dihindari

Sementara Masjid Al Jabar, pembangunan sempat terhenti pada tahun 2020 karena pandemi COVID-19. Namun setelah itu kembali dilanjutkan satu setengah tahun kemudian, tepatnya tanggal 24 Agustus 2021. 

Setelah melewati masa pembangunan selama 5 tahun, masjid ini akhirnya diresmikan pada tanggal 30 Desember 2022 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Seperti diketahui, Islamic Center Tubaba ini memiliki desain yang unik. IC ini dibangun tanpa kubah. Interiornya pun berbeda dari Islamic Center pada umumnya.

Tak salah jika IC Tubaba ini merupakan salah satu yang termegah di Lampung. Juga menjadi tujuan wisata utama di daerah itu.

BACA JUGA:Makjleb! Begini Kata Pakar BRIN Soal Nikuba Ciptaan Aryanto Misel yang Sempat Mejeng di Italia

IC Tubaba sebenarnya adalah komplek kegiatan keagamaan. Area di IC ini sering dijuluki dengan nama “Komplek Dunia Akhirat”. Karena, selain untuk beribadat, IC ini selalu didatangani wisatawan domestik. Bahkan banyak pula yang dari luar daerah.

Islamic Center Tubaba terletak di Pulung Kencana, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT).

Bagi warga luar kota sangat mudah untuk menjangkau tempat ini. Bisa dijangkau melalui jalan tol Terbanggi Besar-Palembang.

Ada dua pintu keluar menuju tempat itu. Pintu tol Gunung Batin di Lampung Tengah dan pintu tol Menggala di Kabupaten Tulangbawang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: