Inilah 6 Menu Lauk Pauk Paling Favorit Sega Jamblang Khas Cirebon, Silahkan Coba!

Inilah 6 Menu Lauk Pauk Paling Favorit Sega Jamblang Khas Cirebon, Silahkan Coba!

Menu lauk favorit sega jamblang. Foto:-About Semarang-

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Wahai para pelancong, jika mengunjungi Cirebon, baik kala akhir pekan atau kunjungan kerja tidak lengkap tanpa wisata kuliner.

Salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah Sega (nasi) Jamblang. Selain menunya banyak, nasinya pun dibungkus dengan daun jati, sehingga mempunyai aroma dan cita rasa yang khas.

Bahkan, Sega Jamblang punya keterkaitan dengan sejarah perkembangan Cirebon dan sekitarnya di masa kolonial Belanda.

Satu porsi nasi umumnya satu kepal tangan. Jadi untuk sekali makan minimal dua atau tiga bungkus nasi. Sedangkan aneka lauk disajikan secara prasmanan.

BACA JUGA:Jangan Kepedean! Nomor Urut Bacaleg Masih Bisa Bergeser

Dari banyaknya penjual Sega Jamblang di Cirebon, ada beberapa lokasi yang akrab di telinga. Yakni, Nasi Jamblang Mang Dul di Jalan Cipto Mangunkusumo. Tepatnya di depan Grage Mal Cirebon.

Ada juga Nasi Jamblang Pelabuhan, terletak di sebelah Taman Ade Irma Suryani, Pelabuhan Cirebon.

Kemudian, ada juga Sega Jamblang Bu Nur yang berada di Jalan Cangkringan, Kota Cirebon.

Sudah dijelaskan diawal, bahwa penyajian Sega Jamblang dilakukan secara prasmanan. Artinya, penikmat kuliner bisa memilih sendiri menu lauk pauknya.

BACA JUGA:Berharap Dapat Gelar Haji dari Al Zaytun, Pablo Benua: Eh Ternyata Tidak Dapat

Mulai dari, Tongkol Balado, Perkedel Kentang, Tempe dan Tahu Goreng, Cumi Hitam atau Blekutak, Olahan telur, Daging Sapi Laos, Paru.

Otak Sapi Goreng, Sate Kentang, Semur Hati Ayam atau Sapi, Tahu Sayur, Jengkol Balado, Sambal Goreng Cabai Merah, Ikan Jambal Asin dan Sate Usus Ayam serta masih banyak varian lainnya.

Berikut menu lauk pauk paling favorit Sega Jamblang yang banyak diburu pecinta kuliner:

BACA JUGA:Ciayumajakuning Entrepreneurship Festival 2023: Dukung UMKM Hijau dan Inklusif

  • Cumi hitam atau blakutak

Salah satu olahan seafood yang cocok dengan Sega Jamblang adalah cumi hitam atau masyarakat Cirebon menyebutnya Blekutak. Teksturnya kenyal dan basah, rasanya gurih dan tidak bau amis.

  • Daging sapi laos atau semur daging

Terbuat dari daging sapi, kemudian dimasak dengan bumbu laos (lengkuas) hingga timbul rasa gurih dan manisnya menyatu dengan daging sapi empuk. Ini alasannya menu yang satu ini diburu banyak penikmat Sega Jamblang.

BACA JUGA:Warga Jatibarang Sangat Senang Jika Presiden Baru Nanti Bangun Tol Indramayu - Kertajati

  • Sambal goreng cabai

Sambal goreng cabai adalah menu utama yang tidak pernah lepas dari Sega Jamblang. Penyajiannya pun unik, oleh pedagang biasanya diwadahi daun pisan dibentuk kecil yang kalau takaran penyajian biasanya dihitung satuan.

  • Tahu sayur

Tahu sayur menjadi lauk wajib dalam setiap penyajian Sega Jamblang. Diolah biasanya satu tahu utuh ditambah kuah yang kalau pun lengkap sayurnya terdiri dari irisan wortel dan kol untuk dengan warna kuah yang coklat kegelapan.

BACA JUGA:NGERI! Syekh Panji Gumilang Pamer Sedekah Muharram Al Zaytun: Rp 1,9 Miliar, 10 Ribu Dollar hingga Ringgit

  • Tempe goreng

Sama seperti Tahu Sayur, Tempe Goreng menjadi menu khas Sega Jamblang dengan tekstur goreng yang kering. Digoreng kering dengan rasa asin tipis pada lapisan luar, menjadi pelengkap rasa Sega Jambang.

  • Sate kentang

Sate kentang menjadi menu pelengkap yang sempurna untuk satu porsi Sega Jamblang. Dimasak dengan berbagai rempah dan serundeng, membuat rasa gurih Sate Kentang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase