Perempuan Lebih Mudah Terserang Kelelahan Kronis, Begini Cara Mengatasinya

Perempuan Lebih Mudah Terserang Kelelahan Kronis, Begini Cara Mengatasinya

Perempuan lebih mudah terserang kelelahan kronis.-Pixabay -

RADARCIREBON.COM - Perempuan yang multitasking yang berusia 20 hingga 40 tahun lebih mudah kelelahan kronis.

Lelah berlebihan atau kelelahan kronis merupakan sebuah kondisi dimana semua energi terkuras lebih dari biasanya, bahkan ada di titik ekstrem.

"Mungkin karena mereka cenderung menangani berbagai aspek kehidupan sekaligus, dan memiliki lebih sedikit waktu untuk memprioritaskan kesehatan mereka sendiri," ungkap dokter umum Sarah Brewer dilansir dari Women's Health, Selasa 25 Juli 2023.

BACA JUGA:Baru Keluar Pukul 21.00 WIB, Airlangga Hartarto Diperiksa Kejagung 12 Jam

Ciri-ciri seseorang mengalami kelelahan kronis antara lain tidak bisa berpikir jernih, stres berat, sulit tidur, bibir kering dan pecah-pecah, serta suasana hati yang kacau. 

Gejala lain termasuk munculnya rasa sesak tanpa alasan dan keinginan untuk terus berbaring.

Jika kelelahan berlanjut selama lebih dari empat bulan, Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengatakan itu sangat mungkin merupakan sindrom kelelahan kronis. Tidak ada tes khusus untuk itu, jadi diagnosis didasarkan pada gejala yang dialami pasien.

BACA JUGA:Peringati 2 Tahun Jadi Kades Kawunghilir Majalengka, Hj Yosa Gelar Khitanan Massal dan Pengobatan Gratis

Ketika sindrom kelelahan kronis berlanjut, bisa timbul masalah lain seperti gangguan tidur berkepanjangan, nyeri otot atau persendian, sakit kepala, pusing, serta detak jantung yang cepat atau tidak teratur.

Dokter Sarah Myhill menjelaskan, sindrom kelelahan kronis terjadi ketika mekanisme pengiriman energi dalam tubuh menurun. Selain itu, ada penyebab lainnya, yakni:

"Mungkin, energi sedang digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi kronis. Akibatnya, tidak tersisa energi lagi," jelas Myhill.

Profesional medis punya beragam pendapat mengenai akar penyebab atau pemicu sindrom kelelahan kronis di antaranya infeksi virus, infeksi bakteri, masalah sistem kekebalan tubuh, hormon yang tidak seimbang, masalah kesehatan mental, dan faktor genetika.

BACA JUGA:Vaksin Covid-19 Gratis Hanya Sampai 31 Desember 2023, Kecuali Ini..

Saat berbagai gejala kelelahan mulai muncul, disarankan berkonsultasi ke dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase