Siapa Sangka Objek Wisata Cibulan Sudah Diresmikan Sebelum Indonesia Merdeka, Peresmian Oleh Orang Penting

Siapa Sangka Objek Wisata Cibulan Sudah Diresmikan Sebelum Indonesia Merdeka, Peresmian Oleh Orang Penting

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mencium ikan dewa di Objek Wisata Cibulan Kabupaten Kuningan. --

Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, Ikan Desa di kolam Cibulan bukan ikan sembarang. Itu adalah ikan jelamaan manusia.

Manusia yang menjelma menjadi ikan tersebut adalah para prajurit Prabu Siliwangi. Mereka adalah para prajurit yang membangkan atau tidak patuh dan tidak setia kepada sang prabu.

BACA JUGA:Mengenal Sosok Maria Ulfah, Anak Bupati Kuningan yang Mengusulkan Perundingan di Linggarjati

BACA JUGA:Pemda di Sekitar Bandara Kertajati Kena Sentil, Harusnya Promosi ke Malaysia, Bukan Berbondong-bondong ke LN

Ketidaksetiaan para prajurit yang membangkan itu membuat Prabu Siliwangi murka, akhirnya para prajurit itu dikutuk menjadi ikan.

Masyarakat setempat masih ada yang percaya dengan legenda tersebut.

Ya, terlepas dari benar atau tidaknya, pada kenyataannya tidak ada yang berani mengambil Ikan Dewa dari kolam Cibulan untuk dikonsumsi.

Masih terdapat suatu keyakinan di antara wrga Kuningan, bahwa ikan keramat itu tidak boleh diganggu. Jika tidak makan akan menerima nasib sial dan tidak selamat.

Sumur Tujuh 

Yang dimaksud sumur tujuh di Cibulan adalah tujuh mata air yang berbentu kolam-kolam kecil. Tempat ini pun dikeramatkan.

Konon ketujuh mata air itu memilki khasiat dan tuah tertentu. Mitos ini masih diyakini oleh sebagian orang hingga saat ini.

Ketujuh sumur itu memiliki nama masing-masing. Yaitu, Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan dan Sumur Keselamatan. 

Warga sekitar juga percaya di salah satu sumur yaitu Sumur Cirancana, dihuni oleh sosok Kepiting Emas. Sosok Kepiting Emas itu pun dikeramatkan oleh warga.

Lokasi Objek Wisata Cibulan

Objek wisata Cibulan terletak di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Dari Cirebon bisa ditempuh dalam waktu sekitar 55 menit saja menggunakan mobil pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: