Bandara Husein Sastranegara Bandung Turun Kasta, dari Bandara Internasional Jadi Pesawat ATR

Bandara Husein Sastranegara Bandung Turun Kasta, dari Bandara Internasional Jadi Pesawat ATR

Rute penerbangan Bandara Husein Sastranegara pasca penataan rute dengan Bandara Kertajati.-Husein Sastranegara/Ig-radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COMBandara Husein Sastranegara (BDO) Kota BANDUNG turun kelas, meski masih menyandang nama bandar udara internasional.

Bahkan sejak Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka dibuka, sudah tidak melayani rute internasional lagi.

Padahal, tadinya Bandar Husein Sastranegara masih melayani 2 rute internasional dengan Maskapai AirAsia yakni Bandung – Kuala Lumpul (KU) dan Bandung - Singapura.

Saat ini, satu-satunya penerbangan yang dapat dilanjutkan ke luar negeri hanya Bandung – Batam yang dioperasikan oleh Maskapai Super Air Jet.

BACA JUGA:Peserta Mencapai 150 Orang, Begini Kronologi Pendaki Berusia 16 Tahun Hilang di Gunung Ciremai

Namun, penerbangan Bandung – Batam ini, tidak setiap hari dioperasikan. Makanya, bisa dibilang Bandara Internasional Husein Sastranegara sudah turun kelas menjadi bandar udara domestik.

Apalagi pada Oktober 2023 nanti, di mana Bandara Husein Satranegara akan dilakukan penataan rute bersama Bandara Kertajati.

Sehingga seluruh penerbangan pesawat jet akan dialihkan ke Bandara Kertajati dan hanya disisakan pesawat propeller atau baling-baling dengan rute Bandung – Yogyakarta transit Surabaya.

Di sisi lain, hal ini menjadi kabar baik bagi BIJB Kertajati di Majalengka. Bandara terbersar nasional nomor dua di Indonesia ini yang akan mengganti peran bandara Husein. Melayani rute penerbangan internasional.

BACA JUGA:SIAP-SIAP! Tarif Tol Cisumdawu Cimalaka - Dawuan Diberlakukan Penuh Rp 1.250 per Kilometer, Mulai Besok

Seperti dijanjikan Presiden Joko Widodo, BIJB Kertajati itu akan mulai optimal direncanakan pada Oktober 2023.

Hal itu disampaikannya ketika meresmikan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisundawu) beberapa waktu lalu.

Dengan turun kelasnya Bandara Husein dan dioperasionalkan total Jalan Tol Cisundawu, menjadi langkah awal optimalisasi Bandara Kertajati. 

Kemudian Bandara tersebut juga sudah melayani penerbangan Internasional. Walau untuk sementara baru dari Kertajati menuju Kuala Lumpur Malaysia, dan sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: