Untung Ketemu Sosok Ini, Dafi Pendaki Remaja Asal Kuningan Akhirnya Pulang dengan Selamat

Untung Ketemu Sosok Ini, Dafi Pendaki Remaja Asal Kuningan Akhirnya Pulang dengan Selamat

Dafiar Akbar disambut keluarga saat tiba di rumah, remaja 16 tahun ini sempat dilaporkan hilang saat mendaki Gunung Ciremai. Foto:--

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM – Sempat dikabarkan hilang saat mendaki Gunung Ciremai, Muhamad Dafiar Akbar, remaja 15 tahun akhirnya bisa pulang dengan selamat.

Pemuda yang biasa dipanggil Dafi ini bisa pulang kerumahnya di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan dengan selamat setelah bertemu dengan sosok ini.

Siapakah sosok yang menemukan Dafi saat tersesat di kawasan Tanam Nasional Gunung Ciremai (TNGC)?

Ya, Dafi berhasil kembali ke rumahnya dengan selamat meski ada beberapa bagian tubuhnya yang lecet usai bertemu dengan seorang petani.

BACA JUGA:Selalu Nomor 1, Jawa Barat Tak Tertandingi, 5 Tahun Terakhir Realisasikan Investasi Rp685,35 Triliun

BACA JUGA:Keluarga Histeris, Dafiar Akbar Pendaki Gunung Ciremai yang Hilang Ditemukan Petani

Sebelum dirinya tersesat, Dafi mengaku turun dari puncak Gunung Ciremai melalui jalur Linggarjati. Namun, ketika sampai dijalan yang bercabang antara  Linggarjati dan Linggasana, dia ternyata pilih jalur yang salah.

"Abis dari puncak, misahnya pas persimpangan Linggarjati-Linggasana. Tadinya buru-buru pulang, sudah kehabisan air. Bawa sebotol doang," kata Dafi, Senin 7 Agustus 2023 siang.

Dia memilih jalur yang berujung melewati rute Linggasana, karena mengikuti sejumlah pendaki yang turun melalui jalur ini.

Hingga akhirnya tersadar dirinya salah memilih jalur, Dafi pun lantas bertanya ke pendaki yang berjumpa dengannya di Linggasana.

Dia akhirnya memutuskan naik kembali untuk segera menemukan rute ke Linggarjati.

BACA JUGA:Heboh, Miss Universe Indonesia Diduga Disuruh Foto Telanjang saat Body Check, Korban Lapor Polisi

"Ternyata salah jalur. Kemudian tersesat saya panik. Sempat jatuh terpleset juga. Saat itu saya tidak membawa perbekalan sama air," kata Dafi.

Setelah 24 jam dinyatakan hilang, ditengah perjalanan mencari jalur yang benar, Dafi bertemu dengan seorang petani bernama Cecep.

Ternyata perjalanan yang dia lakukan sudah sampai ke wilayah Desa Sayana, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

Akhirnya, Cecep membawa Dafi ke salah satu rumah warga untuk diberikan pertolongan. "Habis itu saya diantar pulang ke rumah. Alhamdulillah masih selamat," tambahnya.

BACA JUGA:BRI Imbau Nasabah Lakukan Aktivasi NIK Jadi NPWP Sebelum 31 Desember 2023

Sebelum kabar Dafi telah ditemukan menyebar, petugas gabungan dari TNI, Polri, Tim Sar dan BPBD Kabupaten Kuningan sempat akan melakukan pencarian terhadap korban.

Petugas sudah berkumpul di Pos Pendakian Cibunar, Linggarjati, Kabupaten Kuningan, Senin 7 Agustus 2023 siang.

Perlu diketahui, Dafi merupakan 1 dari 150 pendaki asal Linggarjati yang berangkat menuju puncak Gunung Ciremai pada Sabtu 5 Agustus 2023.

Kemudian, tertinggal 6 orang sampai puncak dan 5 orang turun terlebih dahulu. 1 pendaki kemudian dinyatakan hilang yang belakangan diketahui tersesat di persimpangan jalur Linggarjati-Linggasana.

BACA JUGA:Husein Sastranegara Turun Tahta, Bandara Internasional Bakal Dipangkas, BIJB Kertajati Ikut Kena Imbas?

Sebelum petugas gabungan melakukan pencarian, puluhan warga sudah terlebih dahulu melakukan pencarian pada Minggu 6 Agustus 2023. Kemudian, Senin 7 Agustus 2023 pagi baru melaporkan kepada BPBD Kabupaten Kuningan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase