Bukan Jakarta atau Bandung, Kota Ini yang Tentukan Pengajuan Rute Penerbangan di Bandara Kertajati

Bukan Jakarta atau Bandung, Kota Ini yang Tentukan Pengajuan Rute Penerbangan di Bandara Kertajati

Rute penerbangan di Bandara Kertajati sedang diajukan, Agustus 2023.-Baehaqi-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka sebentar lagi bakal menjadi pusat penerbangan di Jawa Barat.

Pasalnya, mulai Oktober 2023 mendatang, sebagian rute penerbangan yang awalnya di Bandara Husein Sastranegara dialihkan ke Kertajati.

Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada saat peresmian Jalan Tol Cisumdawu beberapa waktu lalu di Kabupaten Sumedang.

Pengalihan rute ini tentu bukan tanpa sebab, minimnya ruang untuk pengembangan Bandara Husein Sastranegara dan rencana pemindahan pusat ekonomi baru di Jawa Barat, menjadikan Bandara Kertajati jadi pilihan utama.

BACA JUGA:Bandara di Jawa Sepi, Ulah Pemerintah Langgar Peraturan Sendiri

Selain itu, kehadiran jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) menambah faktor diharuskannya pemindahan sebagian rute penerbangan.

Dengan adanya rencana tersebut, sejumlah maskapai penerbangan pun ramai-ramai mendaftarkan rute penerbangan domestik dengan titik awalnya dari Bandara Kertajati.

Kabarnya, sudah ada 3 maskapai dikabarkan telah mengajukan rute penerbangan domestik di Bandara Kertajati yakni AirAsia, Citilink dan Super Air Jet.

Adapun rute yang diajukan dari ketiga maskapai tersebut adalah Denpasar, Balikpapan, Lombok, Batam dan destinasi lainnya.

Rute-rute penerbangan ini, tidak jauh berbeda dengan yang dilayani di Bandara Soekarno Hatta.

BACA JUGA:WOW BANGET! Bakal Ada 2 Masjid Babah Alun di Tol Cisumdawu, Pertama di Kabupaten Sumedang

Executive General Manager (EGM) Bandara Kertajati, Nuril Huda mengatakan, pengajuan rute tersebut memang mengikuti musim dalam dunia penerbangan.

Yakni Summer mulai 29 Maret sampai dengan 28 Oktober dan winter yang dimulai tanggal 29 Oktober sama dengan 28 Maret.

"Dipilihnya 29 Oktober karena tanggal tersebut mulai awal winter," kata Nuril Huda, dilansir dari radarmajalengka.com, Senin, 21, Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: