Investasi Emas atau Crypto Pilih Mana? Simak Perbandingan Kelebihan dan Kekurangannya

Investasi Emas atau Crypto Pilih Mana? Simak Perbandingan Kelebihan dan Kekurangannya

Investasi emas atau crypto mana yang lebih aman, simak artikel selengkapnya.-Ilustrasi-radarcirebon.com

BACA JUGA:Rumah Zakat Raih Penghargaan Peduli Stunting

Diperkirakan bahwa total market cap di semua bitcoin yang tertambang adalah antara 10 hingga 11 triliun US Dollar. Menurut data ini, market cap bitcoin telah mencapai 10% nilainya diatas emas.

Jadi mari kita bandingkan 2 pilihan investasi ini secara langsung:

1. Keunggulan Emas dan Bitcoin

Emas memiliki sistem yang mapan untuk memantau perdagangan, penimbangan, dan pelacakan yang murni. Sangat sulit untuk mengedarkan emas palsu atau paling tidak untuk mengkorupsi logamnya juga sulit.

Bitcoin sama sulitnya untuk dikorupsi. Sistem yang terenkripsi, decentral dan algoritmanya yang rumit.

BACA JUGA:Mitra Bulog Cirebon Salurkan Beras RPK

Untuk dapat sukses meretas dan mencuri bitcoin kita membutuhkan mayoritas komputer-komputer di dunia yang menambang dan memvalidasi transaksi-transaksi. Ini mustahil dilakukan mengingat komputer penambang ini tersebar di seluruh penjuru dunia.

2. Kelangkaan

Emas dan Bitcoin adalah sama-sama sumber daya langka. Emas dan bitcoin tidak bisa diproduksi secara terus menerus, tidak seperti sebuah perusahaan yang bisa saja meluncurkan saham baru kapanpun atau bank federal yang bisa saja mencetak uang.

Berdasar informasi dari penemu bitcoin Satoshi Nakamoto, pada tahun 2009 sejak bitcoin diciptakan dalam sistem blockchain hanya memuat 21 juta bitcoin saja.

Menurut perkiraan dan hasil kalkulasi para ahli, bitcoin akan habis sekitar tahun 2140. Ini berarti semakin langka barang tersebut maka akan semakin mahal harganya.

BACA JUGA:Setelah 18 Bulan Dibangun, Masjid Syarif Abdurrahman akan Diresmikan Wapres RI

3. Nilai Dasar

Kekuatan emas sebagai alat lindung nilai yang kebal terhadap inflasi sudah menjadi rahasia umum, dan emas juga digunakan pada banyak sektor, mulai dari industri, perhiasan, hingga kepada penerapan khusus di bidang kedokteran gigi, elektronik, dan banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: