Bandung Jadi Tujuan Favorit Turis Malaysia di Jawa Barat, 1 Maskapai Baru Masuk ke Bandara Kertajati

Bandung Jadi Tujuan Favorit Turis Malaysia di Jawa Barat, 1 Maskapai Baru Masuk ke Bandara Kertajati

Bandung menjadi tujuan favorit turis Malaysia yang datang melalui Bandara Kertajati Majalengka. -Baehaqi-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Animo turis Malaysia untuk datang ke Bandung dan daerah lain di Jawa Barat cukup tinggi, terutama setelah dibukanya penerbangan Kuala Lumpur - Bandara Kertajati.

Bahkan ada 1 lagi maskapai yang membuka rute ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, karena turut melirik potensi ini.

Selama ini, penerbangan Kuala Lumpur - Kertajati dioperasikan Maskapai AirAsia Malaysia seminggu 2 kali yakni Hari Rabu dan Minggu.

Tetapi mulai 2 Oktober 2023 nanti, rencananya Maskapai Malaysia Airlines akan melayani rute Kuala Lumpur Kertajati juga 2 kali seminggu yakni setiap hari Senin dan Jumat.

BACA JUGA:Inilah Alasan Bandara Kertajati Buka Rute ke Kuala Lumpur Bolak-Balik 2 Kali Seminggu

Kehadiran 2 maskapai ini, tidak lepas dari animo turis Malaysia yang berkunjung ke Indonesia. Bahkan di tahun 2022, turis dari negeri jiran menpati posisi nomor 2 angka kunjungan ke Indonesia.

Executive General Manager PT BIJB, Nuril Huda mengungkapkan, Malaysia Airline akan menambah jumlah maskapai dengan rute internasional.

Pihaknya berharap rute-rute lain juga akan dibuka pada Oktober 2023 nanti. Sebab, seluruh penerbangan internasional dan pesawat jet akan dilayani di Bandara Kertajati

Sementara di Jawa Barat, 15 persen dari 800 ribu turis yang datang berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) berasal dari Malaysia.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat dengan KRING BTN, Produk Pinjaman Khusus untuk ASN dan Karyawan Tetap

Destinasi favorit yang dikunjungi adalah Bandung. Terutama wisata belanja di Pasar Baru Trade Center.

Karena minat wisatawan Malaysia ke Bandung sangat tinggi, para pengelola wisata di Bandung termasuk Pasar Baru menyambut baik adanya penerbangan langsung.

Direktur Operasional PT DAM Sawarga Maniloka Jaya, Irwin Tan menjelaskan, sejak dibuka kembali rute penerbangan Kuala Lumpur - Kertajati, kunjungan dari turis Malaysia meningkat pesat.

"Adanya penerbangan langsung, harapan kami tingkat kunjungan ke Pasar Baru Trade center kembali meningkat," kata Irwin, dilansir dari JPNN Rabu, 13, September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: