Bandara Husein Sastranegara akan Operasikan Rute Penerbangan Ini Pada 29 Oktober 2023

Bandara Husein Sastranegara akan Operasikan Rute Penerbangan Ini Pada 29 Oktober 2023

Pada 29 Oktober 2023 Bandara Internasional Husein Sastranegara akan mengoperasikan penerbangan dengan pesawat ATR 72-600.-Zepta Akbar/Ist-radarcirebon.com

BACA JUGA:Grage Open Race Push Bike, Kompetisi dengan Peserta Terbanyak di Indonesia

Kembali ke penjelasan Ditjen Perhubungan Udara, Bandara Husein Sastranegara hanya digunakan untuk melayani penerbangan berjadwal dalam negeriintra Pulau Jawa dengan pesawat jenis propeller atau baling-baling/ATR, serta penerbangan tidak berjadwal dalam negeri.

“Tanggal efektif pengalihan penerbangan berjadwal dalam negeri dari Bandara Husein Bandung ke Bandara Kertajati dimulai pada awal periode Winter 2023, yaitu pada 29 Oktober 2023,” katanya.

Maskapai yang akan melayani penerbangan dalam negeri dari Bandara Husein Sastranegara Bandung mulai 29 Oktober 2023, ujar Putu, hanya ada satu yakni Wings Air dengan rute dari dan ke Yogyakarta.

Seperti diketahui, Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa penataan rute akan dilakukan untuk mengoptimalkan penerbangan di Bandara Kertajati dengan dukungan Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:17 Pemuda Diamankan Tim Patroli Macan Kumbang Polresta Cirebon, Ternyata Hendak Tawuran

Jelas pengoperasian tersebut, disampaikan bahwa sudah banyak peminat investor asing dan dalam negeri yang equity-nya ingin masuk ke Bandara Kertajati.

Kendati demikian, presiden belum bersedia menyebutkan investor dari mana saja dengan alasan baru akan disampaikan setelah semua proses selesai, yakni sebelum Oktober 2023.

Sementara itu, dalam keterangan tertulis PT BIJB Perseroda menyampaikan bahwa sesuai Perpres Nomor 87 Tahun 2021 Bandara dan Aerocity Kertajati diamanatkan menjadi pembangkit utama metropolitan baru Jawa Barat bernama Rebana.

Saat ini, Bandara Kertajati sedang bersiap untuk mengoperasikan kembali penerbangan penumpang dan kargo reguler pasca-covid.

BACA JUGA:Mendarat di Bandara Kertajati, Ini 3 Tujuan Favorit Turis Malaysia di Bandung, Oh Ternyata Doyan Cuanki

Dalam keterangan tertulis perusahaan, PT BIJB berencana untuk memperkuat stabilitas keuangannya dengan membuka kepemilikan saham dalam struktur permodalan bagi calon mitra strategis atau investor dengan membeli 8,4 persen saham portofolio perusahaan yang belum diterbitkan.

Oleh karena itu, PT BIJB mengundang seluruh calon pihak atau badan usaha untuk menyampaikan minatnya pada kesempatan yang luar biasa ini.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatkan, sudah banyak investor yang berminat masuk sebagai pengelola.

Mereka sedang dalam tahap bidding atau penawaran dan segera dituntaskan sebelum bandar udara internasional itu, benar-benar beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: