Rencana Jalan Tol Tasikmalaya - Kuningan, Ternyata Sudah Dirintis Prabu Siliwangi

Rencana Jalan Tol Tasikmalaya - Kuningan, Ternyata Sudah Dirintis Prabu Siliwangi

Prabu Siliwangi pernah menginisiasi perkerasan jalan, mirip dengan jalan tol dari Tasikmalaya ke Kuningan.-Istimewa/Diolah-radarcirebon.com

BACA JUGA:5 Pengobatan untuk Asam Urat Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah, Tidak Ada Salahnya Mencoba

Alternatif kedua, jalur Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka dan Kuningan via Jahim. Jalur ini paling dekat. Sekarang menjadi jalur alternatif yang menghubungkan kedua daerah tersebut. Jalur tercepat Tasikmalaya-Kuningan.

Masalahnya, jalur alternatif tersebut tanjakkannya sangat tinggi, turunannya curam, walau tidak terlalu berkelok. Ada beberapa tempat yang relatif ramai, walau tidak seramai jalur yang via Kawali-Panawangan.

Alternatif ketiga, jalur Tasikmalaya, Kota Banjar, Ciamis dan Kuningan via Rancah - Kecamatan Subang. Jalur ini juga relatif dekat.  Juga jalur yang mendekati tapal batas Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Konturnya juga sama. Tanah pegunungan, banyak tanjakkan ekstrim dan masih hutan belantara dan perkebunan. Daerah yang ramai relatif sedikit.

BACA JUGA:BAHAYA! Rekor Kemenangan Persib Bisa Terhenti di Surabaya, Penyebabnya Masalah Klasik

Jika ingin meniru “jalan tol” yang dirintis oleh Prabu Siliwangi, alternatif pertama lebih cocok. Jalur itu dari Tasikmalaya, Ciamis, Majalengka baru ke Kuningan via Kawali, Panawangan dan Cikijing.

Hanya bedanya, Prabu Siliwangi memilih jalur selatan Gunung Ciremai melalui Talaga kemudian menuju Majalengka Kota. Untuk rencana jalan tol sekarang ini, dari Cikijing langsung ke Kuningan. 

Rencana jalan tol Tasikmalaya ke Kuningan akan melintasi lereng sebelah timur Gunung Ciremai, sampai ke Kuningan Kota. Kemudian terus menuju Mandirancan. Bisa langsung tembus Tol Cipali atau justru sudah di Tol Palikanci. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: