Bukan Tol Macita, Tapi Jalan Tol Kuningan - Tasikmalaya, Majalengka Tetap Kebagian di Daerah Ini

Bukan Tol Macita, Tapi Jalan Tol Kuningan - Tasikmalaya, Majalengka Tetap Kebagian di Daerah Ini

Jalan Tol Macita sempat diwacanakan oleh akademisi Kabupaten Majalengka. Foto hanya ilustrasi.-BPJT-radarcirebon.com

BACA JUGA:Promo Tiket Pesawat Bandara Kertajati ke Bali Rp 500 Ribuan, Balikpapan Rp 600 Ribuan, Malaysia Rp 700 Ribuan

Bukan Tol Macita, Tapi Cipali - Kuningan

Di sisi lain, wacana Tol Macita yang diangkat akademisi Majalengka, sepertinya belum menjadi agenda pembahasan dari pemerintah.

Justru yang selangkah lebih dekat adalah Jalan Tol Cipali Exit Kuningan. Khusus untuk trase ini, sudah dalam pembahasan dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum  Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmayadi.

Menurut dia, rencana pembangunan exit Tol Cipali - Kuningan sudah dalam pembahasan dan pelaksanaannya antara 2030 - 2035.

BACA JUGA:Ini Panduan Cara Cari Tiket Pesawat Murah ke Bandara Internasional Kertajati - Balikpapan, Mulai Rp 600 Ribu

Dari akses tol ini, nantinya akan memiliki beberapa pintu keluar yakni di Linggarjati dan Cigadung. Kemudian menggunakan trase jalan di lereng Gunung Ciremai.

Adapun daerah yang dilintasi adalah Desa Mandirancan, Pakembangan, Linggarjati, Cigadung, dan Darma.

Kemudian di wilayah Kabupaten Majalengka adalah Kecamatan Cikijing. Selanjutnya tol ini menuju ke Ciamis dan Tasikmalaya untuk terhubunf ke Tol Getaci.

"Tentu jalan tol ini akan sangat berdampak positif untuk Kabupaten Kuningan, karena mempermudah akses masyarakat untuk ke tempat wisata," kata Teddy.

BACA JUGA:Pesawat di Bandara Kertajati yang Beroperasi 29 Oktober Nanti, 'Maskapai Milenial' Super Air Jet Paling Banyak

Diungkapkan dia, exit tol yang dibangun memang berada di dekat kawasan wisata. Misalnya Linggarjati untuk akses ke pariwisata di Kuningan Utara.

Kemudian Exit Cigadung untuk ke kawasan pusat pemerintahan dan wisata di Palutungan.

Selain itu, Tol Cipali - Kuningan juga terhubung ke Kabupaten Majalengka via Cikijing karena lokasi jalannya berada di lereng Gunung Ciremai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: