Tampilan Sangar KRI Golok, Kapal Siluman Buatan Indonesia yang Mampir ke Cirebon

Tampilan Sangar KRI Golok, Kapal Siluman Buatan Indonesia yang Mampir ke Cirebon

Kapal berteknologi siluman KRI Golok singgah di perairan Cirebon untuk melaksanakan operasi Mandau Segara di Laut Utara Jawa.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Sangar! Begitulah kesan pertama kali melihat KRI Golok, kapal dengan teknologi siluman buatan Indonesia saat mampir ke CIREBON.

KRI Golok yang merupakan kapal perang TNI Angkatan Laut (AL) singgah di Kota Cirebon dalam rangka Operasi Mandau Segara.

Kepala Departemen Operasi KRI Golok, Kapten Laut (P) Pradipta Heriandika menjelaskan, kapal ini berada di bawah Koarmada I dengan home base di Tanjung Pinang.

Namun saat ini mendapatkan perintah untuk melaksanakan Operasi Mandau Segara di sekitar wilayah utara Laut Jawa.

BACA JUGA:Jalan Baru Cirebon - Kuningan dari Talun ke Tugu Ikan, Mudik Lebaran Anti Macet?

“Kapal ini pernah dipakai ke Malaysia karena ada latihan bilateral, kemudian ke Langkawi. Pernah juga sampai ke utara Medan. Sudah pernah sampai ke sana,” katanya.

Komandan KRI Golok, Letkol Laut (P) Putu Agus Harianto menjelaskan, KRI Golok 688 merupakan kapal cepat rudal jenis trimaran yang pertama di Indonesia dan memiliki kemampuan tidak dapat terdeteksi oleh musuh.

Kemampuan kapal siluman ini, dikarenakan pembuatannya menggunakan bahan carbon fiber composite dan didukung dari segi desain yang futuristik.

Material lain yang digunakan adalah carbon fiber foam, resin infused used osmosis resitance, dan fire retardant vinyl ester resin.

BACA JUGA:Jalan Baru Cirebon - Kuningan Segera Dibuka Disebut Jalan Lingkar Utara, Lokasinya Ada di Sini

Penamaan KRI Golok tidak lepas dari nama senjata tradisional Indonesia yang berasal dari Betawi.

Senjata ini memiliki filosofi gagang yang merupakan pegangan hidup dan bilah tajam yang berarti berarti.

Sehingga filosofi dari golok itu sendiri diartikan sebagai memiliki keyakinan kuat dan tidak ada keraguan dalam menjalankan tugas.

Sebagai informasi, KRI Golok 688 memiliki panjang 62,53 meter dan tinggi 18,7 meter, lebar 16 meter. Pada bagian draught 1,17 meter dan berat 245 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: