Hari Relawan Sedunia, DLH Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Hari Relawan Sedunia, DLH Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

BERSIHKAN SAMPAH: DLH melibatkan masyarakat untuk peduli dengan lingkungan sehat.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Dalam rangka memperingati hari relawan sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon membersihkan sampah di seluruh Desa Ciledug Wetan Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Minggu (17/12).

Kabid Peningkatan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan (PKPL) pada DLH Kabupaten Cirebon, Fifi Arneti mengatakan, kegiatan yang digelar oleh pihaknya, dalam rangka hari relawan sedunia atau volunteer day. Temanya kali ini adalah lingkungan, dalam kesempatan itu DLH mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan.

“Sesuai dengan semboyannya, if everyone did (jika semua orang melakukan). Karena, belakangan ini isu lingkungan mencuat dengan efek gas rumah kaca yang menyebabkan anomali, dan juga masalah di masyarakat, bahwa sampah banyak yang tidak tertangani,” kata Fifi Arneti.

“Karena itu, melalui kegiatan hari relawan tahun 2023, DLH di Desa Ciledug Wetan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap sampah,” sambungnya.

BACA JUGA:OJK Minta Perbankan Blokir Rekening Aktifitas Kejahatan dan Judi Online

BACA JUGA:Sosialisasi Paslon Prabowo-Gibran, Ini yang Dilakukan TKD Kota Cirebon

Tidak hanya itu saja, dijelaskan Fiti, DLH juga mengajarkan dan mencontohkan kepada warga setempat untuk memilah sampah kedalam tiga kelompok. Diantaranya, sampah organik, sampah bernilai ekonomi, dan sampah residu.

Sampah organik, diharapkan bisa dikelola sebagai pupuk organik untuk tanaman. Sampah yang bernilai ekonomi dikelola oleh bank sampah. “Nah, untuk Desa Ciledug Weran punya bank sampah, sehingga bisa dikelola secara maksimal. Sedangkan untuk sampah residu, akan dikelola TPA,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kuwu Desa Ciledug Wetan, Wastar menjawab keberadaan bank sampah di desanya. Sebagai pemerintah desa, kata Wastar, sangat merespons bank sampah yang sudah sekian bulan berjalan.

“Pembuatan SIM gratis melalui bank sampah, sudah berjalan dan ada hasilnya. Saya ucapkan sangat berterimakasih dan sukses atas pagi hari ini kita dapat berkumpul untuk acara bersih-bersih sampah,” katanya. (cep)

BACA JUGA:Satpam Komplek Nekat Curi Motor Warga Sendiri Alasan Begini ke Polisi, Simak Kalimatnya

BACA JUGA:Ria Ricis dan Teuku Ryan Beda Pola Asuh, Begini Pengaruhnya Kepada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: