Volume Kendaraan yang Lintasi Tol Cipali Diprediksi Naik Selama Nataru 2023-2024

Volume Kendaraan yang Lintasi Tol Cipali Diprediksi Naik Selama Nataru 2023-2024

Direktur Operasi Astra Tol Cipali Daisy Setiawan memberikan penjelasan kepada wartawan saat menggelar Media Gathering, Kamis 21 Desember 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

SUBANG, RADARCIREBON.COM - Volume kendaraan yang melaju di Ruas Tol Cikopo-Palimanan pada  Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) diprediksi ada kenaikan dibandingkan dengan periode nataru 2022.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Operasi Astra Tol Cipali Daisy Setiawan kepada wartawan saat menggelar Media Gathering, Kamis siang 21 Desember 2023.

"Pada arus nataru tahun ini, kami memprediksi puncaknya akan berada di tanggal 23 Desember 2023 dengan prediksi 97 ribu kendaraan melintas di Ruas Tol Cipali.”

BACA JUGA:Fakta Menarik soal Situs Gunung Padang di Cianjur, Ternyata Dibangun Oleh…

BACA JUGA:Libur Nataru 2023-2024, BMKG Himbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem

“Sedangkan puncak libur tahun baru diprediksi akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2024 dengan total kendaraan yang melintas sebesar 101 ribu kendaraan," ungkapnya.

Dijelaskan Daisy, menyiapkan berbagai layanan fasilitas keamanan dengan penambahan 4.000 rubber cone untuk pelaksanaan rekayasa lalu lintas berupa contra flow.

"Kami juga mempersiapkan layana konstruksi dengan telah merampungkan pekerjaan lajur tiga pada awal Desember 2023 ini, dan sudah bisa dioperasikan selama arus Nataru.”

“Selain itu juga Astra Tol Cipali menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contra flow di dua titik yakni KM 83 hingga KM 87, dan KM 152 sampai KM 169 selama nataru guna mengantisipasi adanya kepadatan arus lalu lintas di Tol Cipali khususnya pada pertemuan arus lalu lintas dari Cisumdawu. Namun tentunya contra flow ini masih situasional mengikuti kondisi di lapangan,” jelasnya.

BACA JUGA:Persib Bandung Merubah Hari Jadinya, Bapak di Tasimalaya Kebingungan

BACA JUGA:Gugatan UU Pilkada Diterima, Imron - Ayu Tetap Menjabat Sampai Mei 2024 Mendatang

Menurut Daisy, semua persiapan tersebut demi mewujudkan nataru yang CERIA (Cepat Tanggap, Ramah, Informatif dan Aman).

"Astra Tol Cipali juga terus memberikan update informasi arus lalu lintas terkini kepada pengguna jalan tol melalui media komunikasi luar ruang berupa spanduk dan VMS (Variable Message Sign) serta melalui 4 media sosial (Instagram, twitter, YouTube dan Tik Tok)," ujarnya.

Daisy Setiawan juga mengatakan, Astra Tol Cipali pun menambah berbagai fasilitas di rest area.

"Fasilitas itu adalah penambahan toilet di rest area KM 86 arah Cirebon sebanyak 15 bilik dan 10 urinoir, KM 130 arah Cirebon sebanyak 15 bilik dan 10 urinoir.”

BACA JUGA:Shin Tae-yong Ditargetkan Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 Qatar

“Sedangkan, di rest area KM 130 arah Jakarta dengan penambahan 32 bilik toilet. Serta penambahan 7 toilet portable di seluruh rest area tipe B Tol Cipali," katanya.

Daisy mengimbau kepada para pengendara untuk selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum berangkat dan periksa fisik pengemudi dalam kondisi yang prima.

"Jangan lupa untuk melakukan pengecekan kendaraan rutin dan cek tekanan ban sebelum melakukan perjalanan.”

“Bila kondisi fisik sudah mulai lelah dan berkendara sudah lebih dari 4 jam segera beristirahat di rest area yang tersebar di area Cipali," pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase