7 Kuliner Khas Kabupaten Kuningan yang Wajib Dibeli; Nomor 5 Hampir Punah

7 Kuliner Khas Kabupaten Kuningan yang Wajib Dibeli; Nomor 5 Hampir Punah

Tahu kecap adalah makanan yang berasal dari kabupaten Kuningan. Makanan yang satu ini dipercaya sudah ada sejak zaman dahulu. -Foto: istimewa -radarcirebon.com

3. Ketempling   

Berbentuk bulat dan berlubang di bagian tengahnya, hidangan khas Kuningan berikutnya yang patut Anda coba adalah Ketempling. Camilan asin dan sangat renyah ini cocok dipadukan dengan mie, bakso, atau soto.   

Selain itu, Ketempling mirip dengan gemblong yang berbahan dasar singkong karena bentuknya yang membulat. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 15.000 – 50.000 saja untuk mencicipinya. tergantung pada ukuran paket yang dipilih.  

4. Keripik Gemblong   

Selain Ketempling, Kuningan juga punya Gemblong yang sayang untuk dilewatkan. Keripik ini terbuat dari singkong yang diberi tambahan oncom di tengahnya dan diiris tipis-tipis sehingga bisa dinikmati kapan saja. 

Jika Anda tertarik, jajanan berwarna kuning ini bisa Anda temukan dalam kemasan plastik di pusat oleh-oleh. Keripik Gemblong juga dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 17.500 – hanya Rp 27.500 saja!

BACA JUGA:5 Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Olahraga

5. Kwecang   

Kwecang merupakan makanan ringan tradisional yang terbuat dari beras ketan dan perasan sirih. Bentuknya mirip bakcang, namun dibungkus dengan daun bambu sehingga memberikan aroma khasnya. 

Proses produksinya melibatkan pengukusan hingga mencapai tekstur yang sangat halus. Kwecang bisa bertahan hingga seharian, jadi harus cepat disantap setelah jajanan ini siap.

Kamu perlu menyiapkan sekitar Rp 1000-2000 per potong untuk mencicipinya!. Menurut masyarakat setempat, kuliner khas Kuningan yang satu ini semakin jarang terlihat alias hampir punah. 

6. Kue Satu Kacang Hijau

Seperti namanya, Kue Satu Kacang Hijau terbuat dari kacang hijau yang disangrai, dibersihkan, dan dicampur dengan gula halus. Kue ini dicetak dengan cetakan khusus sehingga Anda mudah memakannya dalam sekali gigitan.

BACA JUGA:KPK Putuskan Banding Atas Vonis Hakim Terhadap Rafael Alun Trisambodo

Jika berminat mencicipinya, harganya mulai Rp 15.000 - 17.000 per kemasan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: