Satu Paket Tiket Pilkada ditangan PDI Perjuangan

Satu Paket Tiket Pilkada ditangan PDI Perjuangan

PEMENANG . Bendahara DPC PDIP Kabupaten Cirebon Rudiana SE menegaskan, perolehan kursi PDIP di parlemen pada pemilu 2024, naik signifikan. Kenaikan membuat PDIP di kabupaten Cirebon kembali menjadi partai pemenang.-Samsul Huda-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - PDI Perjuangan di Kabupaten Cirebon berkibar lagi. Pasalnya, perolehan kursi parlemen hasil pemilu 2024 diprediksi naik. Kenaikan itu terlihat dari perolehan kursi di masing-masing dapil. Imbas perolah suara itu pun menjadi modal besar PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon mengambil satu paket di pilkada Cirebon 2024 nanti.

Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, Rudiana SE mengatakan, pontensi PDI Perjuangan merebut pucuk pimpinan DPRD Kabupaten Cirebon sangat besar. Sebab, hasil rekapitulasi yang diperoleh dari masing - masing dapil total perolehan kursi parlemen sementara hasil pemilu 2024 adalah 12 kursi.

"Target kita 14 kursi. Optimis itu bisa diraih. Tapi tidak menutup kemungkinan, ada dua dapil yang mendapat tiga kursi, yakni dapil IV dan V. Karena perolehan suara total sudah diangka 40 ribu lebih," kata Rudiana, saat ditemui diruang fraksi PDIP Perjuangan DPRD Kabupaten Cirebon, Selasa 20 Februari 2024.

Hitungan kursi itu, lanjut Rudiana, berdasarkan rekap sementara atau 50 - 60 persen lebih, jika dilihat dari situs pemilu. Masih kata Rudiana, kenaikan kursi PDI Perjuangan di pemilu 2024 ini tidak lepas dari figur petarung para caleg. "Kerja mereka diruang grassroot amat getol. Semuanya massif bekerja," terangnya.

BACA JUGA:Pemilu Ulang di Indramayu, Prabowo-Gibran Unggul di Semua TPS

Dari hitungan sementara itu juga, sudah dipastikan PDI Perjuangan dalam pilkada Cirebon 2024 mengusung satu paket. "Kita diuntungkan ketika hasil pemilu 2024 dijadikan acuan untuk modal satu paket di pilkada nanti," ungkapnya.

Sebelum pemilu, sambung Rudiana, pihaknya sempat ada sedikit pesimis PDIP tidak bisa merebut ketua DPRD di pemilu 2024. Namun, berkat para caleg yang potensial, suara partai naik signifikan. "Kita tempatkan Caleg-calwg potensial disetiap dapil," paparnya.

Sementara itu, berdasarkan laman www. pemilu2024.kpu.go.id. PDIP di Kabupaten Cirebon menempati posisi teratas. Kemudian disusul PKB, Gerindra dan Golkar. "Komposisi unsur pimpinan kemungkinan sama. Paling hanya selisih suara," tambah Rudiana.

Seperti diketahui, pada pemilu 2009 lalu, PDIP Kabupaten Cirebon meraih 14 kursi. Kemudian pada pemilu 2014 turun menjadi 11 kursi dan di 2019 suara kembali merosot. Dari 11 kursi, meraih 8 kursi.

BACA JUGA:Real Count KPU 70,83 Persen, Berikut Suara Capres Tingkat Kota dan Kabupaten di Jabar

Pada pemilu 2024 ini suara PDIP kembali naik. Merebut pucuk pimpinan DPRD yang pada pemilu 2019 - 2024 di ambil alih PKB. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: