Bantu Korban Tanah Bergerak, Dinsos Jabar Salurkan Bantuan Logistik ke Cibedug

Bantu Korban Tanah Bergerak, Dinsos Jabar Salurkan Bantuan Logistik ke Cibedug

Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat bantu warga yang terkena dampak bencana tanah bergerak di Kabupaten Bandung Barat.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

BANDUNG BARAT, RADARCIREBON.COM - Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menyalurkan bantuan senilai total Rp186.632.750 pada warga terdampak bencana pergerakan tanah di Desa Cibedug, Kecamatan Rongga, Kabupaten BANDUNG BARAT, Sabtu 2 Maret 2024.

Bantuan disalurkan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Jabar Andrie Kustria Wardhana didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Enok Komariah. 

Pada kesempatan tersebut, tim dari Dinsos Jabar juga memantau kegiatan dapur umum dan pengungsian guna memastikan pengungsi terfasilitasi pemenuhan kebutuhan dasarnya. 

BACA JUGA:PDI Perjuangan dan Partai Golkar Bersaing Ketat Raih Suara Terbanyak di Pileg DPR RI

BACA JUGA:Selancar Indonesia Kirimkan 1 Atletnya ke Olimpiade 2024 Paris

BACA JUGA:Adanya Pro dan Kontra KUA Jadi Pusat Layanan Keagamaan, Berikut Ini Penjelasan Menag Yaqut

"Bantuan ini ada yang bersumber dari APBD Jabar senilai Rp42.644.000 dan dari APBN senilai Rp101.735.000," jelas Enok. 

Enok melanjutkan, bantuan logistik dari APBD yang disalurkan berupa bahan makanan, seperti mi instan, air mineral, sarden, kornet, liwet instan, abon, dan lainnya. 

Sedangkan bantuan dari APBN yang disalurkan berupa bahan makanan, sandang, kasur, _kidsware_, _family kit_, alat dapur, tenda gulung, serta 500 kg beras (senilai Rp5.271.500). 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Pengidap Gagal Ginjal Bisa Terserang Stroke, Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Bey Machmudin Tinjau Bencana Pergerakan Tanah di Bandung Barat

BACA JUGA:Dandim 0614 Kota Cirebon Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lodaya 2024

Terhitung sebanyak 47 KK/160 jiwa mengungsi ke Islamic Center pasca terjadinya pergerakan tanah di Desa Cibedug, Pergerakan tanah di desa itu terjadi pada 18 dan 29 Februari. 

Bencana ini menyebabkan tanah amblas 5 meter dan beberapa bangunan rusak. Tercatat ada 3 rumah rusak berat, 8 rumah rusak ringan, 36 rumah terancam, dan 1 sekolah dasar rusak berat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase