Berikut Besaran Nominal Zakat Fitrah untuk 27 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat Tahun 2024

Berikut Besaran Nominal Zakat Fitrah untuk 27 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat Tahun 2024

Zakat fitrah di Jawa Barat 2024.--

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Setiap akhir Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

Dalam hal pembayaran zakat fitrah, umat Islam bisa menggunakan uang tunai atau bahan makanan pokok seperti beras.

Para ulama menyampaikan bahwa Allah SWT memberitahukan beberapa pihak yang dianggap sebagai penerima zakat, hal ini tercantum dalam firman-Nya di Surat At-Taubah ayat 60:

اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعٰمِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغٰرِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ - 60

BACA JUGA:Mengenal Erspo, Merek Lokal Jersey Timnas Indonesia

Latin: Innamaṣ-ṣadaqātu lil-fuqarā'i wal-masākīni wal-'āmilīna 'alaihā wal-mu'allafati qulūbuhum wa fir-riqābi wal-gārimīna wa fī sabīlillāhi wabnis-sabīl(i), farīḍatam minallāh(i), wallāhu 'alīmun ḥakīm(un).

Artinya: "Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, para amil zakat, orang-orang yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) para hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan (yang memerlukan pertolongan), sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."

Berikut penjelasan 8 golongan mustahik zakat yang disebutkan dalam Surat At-Taubah ayat 60:

BACA JUGA:Bonsai Maple Jepang Apakah Bisa Hidup di Indonesia? Keindahannya Sungguh Memanjakan Mata

1. Fakir

Fakir adalah orang yang tidak memiliki harta serta tak mampu untuk mencari nafkah hidupnya. Yang tergolong fakir biasanya orang yang tidak memiliki pekerjaan tetap.

2. Orang Miskin

Berbeda dengan fakir, miskin adalah orang yang tidak punya harta dan tak mampu mencari nafkah tapi dia masih memiliki makanan untuk sehari-hari dan pakaian yang memadai.

BACA JUGA:CCEP Indonesia Peringati HPSN 2024 Bersama Komunitas BINAAN Dukung ZERO WASTE ZERO EMISSION 2050

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase