Pemdes Galagamba Gelar Sosialisasi dan Edukasi Keuangan Inklusif Untuk UMKM dan Tokoh Agama

Pemdes Galagamba Gelar Sosialisasi  dan Edukasi Keuangan Inklusif Untuk UMKM dan Tokoh Agama

--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Sebuah acara sosialisasi dan edukasi keuangan khusus diadakan untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta tokoh agama di Desa Galagamba, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.

Kementrian Koordinator Bidang Keuangan,  bekerja sama dengan Lembaga Pendamping proses Produksi Halal Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, dan didukung oleh OJK Cabang Cirebon, PT Pegadaian unit Syariah, BJB Sumber, PT Bulog Cabang Cirebon, PT Askrindo dan Askrindo Syariah Cabang Cirebon, menggelar Sosialisasi dan Edukasi Keuangan Inklusif dan Syariah bagi Pelaku UMKM dan Tokoh Agama.

BACA JUGA:Di Acara Halal Bihalal, TPN Ganjar-Mahfud Resmi Dibubarkan

BACA JUGA:Kenaikan PBB Kota Cirebon 2024 Dianggap Ugal-Ugalan, Ini Gambaran Menurut Perwakilan Warga

BACA JUGA:Kenaikan PBB Kota Cirebon 2024 di Atas 150 Persen? Warga Datangi Gedung Dewan

Acara sosialisasi dan edukasi keuangan inklusif dan syariah bagi pelaku UMKM dan Tokoh Agama dilaksanakan pada hari Jum'at  3 Mei 2024 lalu di Balaidesa Galagamba.

Asisten Deputi Keuangan Inklusif dan Syariah Kemenko Bidang Ekonomi Dr Erdiriyo, SE MM mengatakan, Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya sosialisasi untuk mendekatkan akses sumber permodalan bagi para pelaku usaha.

Khususnya UMKM agar mampu eksis dan mengembangkan usahanya sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran.

BACA JUGA:Sekda Erik Tantang Peserta Workshop FYP di Malang Bikin Insta Story, 3 Orang Dapat Hadiah

BACA JUGA:Ikut Aksi Bela Palestina, Bupati Cirebon Kutuk Kebiadaban Israel

BACA JUGA:KPw BI Cirebon Kukuhkan Pemimpin Baru, Anton Pitono Gantikan Hestu Wibowo

Acara tersebut mendapatkan antusiasme dari masyarakat terlihat dari peserta yg hadir sampai terlihat ada yang tidak kebagian tempat duduk.

Suwandi Hartono selaku Kuwu Galagamba menyampaikan peserta yang diundang adalah 100 orang tapi yang datang  sampai 120 orang.

Kuwu Tono demikian biasa disapa, juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Kementrian Kordinator Bidang Perekonomian yang sudah menyelenggarakan acara ini.

BACA JUGA:Rektor UMM: Kita Terikat Sebagai Bangsa Karena Pancasila

BACA JUGA:Halal Bihalal Meriah Bersama Metland Hotel Group, Silaturahmi dan Jalin Relasi

"Apresiasi dan ucapan terima kasih juga diberikan kepada Nara Sumber dari Otoritas Jasa Keuangan dan lembaga keuangan yang sudah menyampaikan informasi terkait dengan berbagai rogram penyediaan modal usaha," ujarnya.

Dia berharap agar kegiatan ini bukan yang pertama dan terakhir untuk terus mengedukasi masyarakat desa Galagamba dan sekitarnya.

Peserta akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang berguna terkait dengan manfaat keuangan inklusif dan prinsip-prinsip keuangan syariah dalam pengelolaan keuangan pribadi, usaha, dan masyarakat.

BACA JUGA:Rektor UMM: Kita Terikat Sebagai Bangsa Karena Pancasila

BACA JUGA:Halal Bihalal Meriah Bersama Metland Hotel Group, Silaturahmi dan Jalin Relasi

Penyampaian materi  disampaikan oleh para ahli keuangan dan perwakilan dari lembaga keuangan terkait.

Para peserta yang hadir juga tampak antusias menyimak materi yang disampaikan dan aktif bertanya serta berbagi pengalaman seputar keuangan inklusif dan syariah.

Acara ini diharapkan dapat menjadi ajang yang inspiratif dan memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi lokal.

"Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang keuangan inklusif dan prinsip-prinsip keuangan syariah," pungkasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase