Inilah Imbauan Kemenkes ke Masyarakat atas Munculnya Covid-19 Varian KP.1 dan KP.2 di Singapura

Inilah Imbauan Kemenkes ke Masyarakat atas Munculnya Covid-19 Varian KP.1 dan KP.2 di Singapura

Ilustrasi penyebaran Covid-19 di Asia Tenggara.-pexels.com -

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Himbauan penarapan protokol kesehatan tetap dilakukan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 varian KP.1 dan KP.2.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Mohammad Syahril menyikapi adanya wabah Covid-19 varian KP.1 dan KP.2 yang sudah sampai di Singapura.

"Pemerintah Singapura melaporkan proporsi sublineage didominasi oleh sublinegae KP.1 dan KP.2. Belum ada indikasi, baik di global ataupun di lokal Singapura, bahwa dua subvarian ini menjadi lebih menular ataupun menjadi lebih menyebabkan sakit berat, dibandingkan dengan varian yang lainnya," katanya.

BACA JUGA:Cetak Sejarah Baru, Atalanta Juara Liga Europa 2023-2024

BACA JUGA:Alhamdulillah, Tiga Negara Eropa Akui Palestina Sebagai Negara

BACA JUGA:2023 Pemkot Cirebon Dapat Apresiasi dari Ombudsman, 2024 Diharapkan Lebih Baik Lagi

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Singapura, menunjukkan ada peningkatan kasus Covid-19 dari 13.700 kasus selama periode 28 April sampai 4 Mei menjadi 25.900 kasus pada periode 5-11 Mei 2024.

Disebutkan, rata-rata kasus yang masuk rumah sakit di Singapura mengalami kenaikan dari 181 kasus pada minggu ke-18 menjadi 250 kasus pada minggu ke-19.

Namun, rata-rata kasus yang masuk Unit Perawatan Intensif (ICU) harian tetap rendah, yaitu 3 kasus (minggu ke-19) dan 2 kasus (minggu ke-18).

Secara global, kata Syahril, subvarian JN.1 telah mendominasi di sebagian besar negara, yaitu 54,3 persen.

BACA JUGA:Partisipasi di WWF 10 Bali, Ketua STTC: Air Harus Dikelola Bersama Demi Generasi

BACA JUGA:7 Warga Binaannya Dipinjam Polda Jabar untuk Ungkap Kasus Pembunuhan Vina, Begini Kata Lapas Kelas 1 Cirebon

BACA JUGA:Berawal dari Postingan Anak Korban, Pelecehan Kuwu Sindanghayu Tercium Warga

Secara lokal, proporsi gabungan KP.1 dan KP.2 saat ini mencapai lebih dari dua pertiga kasus Covid-19 di Singapura.

Hingga 3 Mei 2024, ujarnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklasifikasikan KP.2 sebagai Variant Under Monitoring (VUM).

Kendati demikian, tidak ada indikasi bahwa varian KP.1 dan KP.2 lebih mudah menular atau menyebabkan keparahan dibandingkan varian Covid-19 lain.

Dia menuturkan, berdasarkan data Global Initiative on Sharing All Influenza Data (GISAID) yang dihimpun ASEAN BioDiaspora Virtual Center per 19 Mei 2024, varian Covid-19 yang bersirkulasi di kawasan negara-negara ASEAN pada 2023-2024 didominasi oleh JN.1.

BACA JUGA:Gencarkan Literasi Kesehatan, Pemprov Jabar Luncur Program Ini di Majalengka

BACA JUGA:Samakan Persepsi, Pj Bupati Cirebon Pimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Adapun varian KP yang terdeteksi di ASEAN tidak hanya bersirkulasi di Singapura, melainkan ada juga di Malaysia, Thailand dan Kamboja. Di Indonesia, varian KP belum ditemukan, katanya.

"Sampai Mei 2024, kasus Covid-19 yang beredar di Indonesia didominasi oleh subvarian Omicron JN.1.1, JN.1, dan JN.1.39. Kalau subvarian KP, belum ditemukan,” ujarnya.

Jika melihat kasus varian KP.1 dan KP.2 di Singapura, dia menegaskan belum ada urgensi pembatasan perjalanan. Hal ini sebagaimana laporan yang dipublikasikan oleh Kementerian Kesehatan Singapura.

“Menurut informasi yang dipublikasikan oleh Kementerian Kesehatan Singapura, berdasarkan penilaian risiko yang ada saat ini, belum ada urgensi untuk melakukan pembatasan perjalanan dari atau ke Singapura,” tegasnya.

BACA JUGA:3 Jam Geledah Rumah Pegi Setiawan Alias Perong, Berikut Ini Pernyataan Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota

Meski demikian, dia tetap mengingatkan bahwa status endemi bukan berarti Covid-19 telah hilang, melainkan berada dalam situasi yang terkendali.

Artinya, masih ada kemungkinan munculnya varian atau subvarian baru yang berpotensi menyebabkan peningkatan kasus atau kematian.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti cuci tangan, menggunakan masker bila sakit, termasuk di kerumunan/alat angkut.

Selain itu, masyarakat diminta segera melengkapi vaksinasi Covid-19, khususnya pada kelompok berisiko. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase