Pentingnya Pendidikan Pancasila

Pentingnya Pendidikan Pancasila

Dr Antonius Benny Susetyo.--

Pemerintah dan institusipendidikan harus melakukan pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru-guru Pancasila agar mereka memilikikompetensi yang diperlukan untuk mengajarkan pendidikanPancasila secara efektif, Perlu dikembangkan bahan ajar yang berkualitas dan relevan dengan konteks kehidupan siswa, sehingga mereka dapat memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dengan baik.

Sosialisasi dan kampanye tentangpentingnya pendidikan Pancasila harus dilakukan secara masifkepada siswa, guru, dan masyarakat untuk meningkatkankesadaran dan pemahaman mereka, Teknologi harusdimanfaatkan untuk mendukung pendidikan Pancasila

Mengembalikan pendidikan Pancasila ke dalam kurikulumsekolah sebagai pelajaran wajib adalah langkah yang sangatpenting untuk membangun karakter hidup berbangsa danbernegara di Indonesia.

Pendidikan Pancasila tidak boleh hanyamenjadi transfer pengetahuan, melainkan harus mampumembentuk karakter manusia Indonesia yang berlandaskan padanilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dankeadilan.

Pendidikan Pancasila memiliki peran vital dalammemperkuat identitas nasional, membentuk karakter, meningkatkan kesadaran sosial, dan menanamkan nilai-nilaimoral pada generasi muda.

Nilai-nilai Pancasila, sepertiketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan, harus diinternalisasi dalam tindakan sehari-hari siswa melaluimetode pembelajaran yang reflektif, kontekstual, kolaboratif, dan praktis.

Dengan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, generasi mudaIndonesia akan menjadi lebih tangguh, bijaksana, dan siapmenghadapi berbagai tantangan zaman, baik dalam kontekslokal maupun global.

Pendidikan Pancasila yang efektif akanmelahirkan individu-individu yang cerdas secara akademis dan memiliki karakter yang kuat, sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: